728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Thursday 23 April 2015

    Internetan di Pantai Senggigi Bisa Tembus 9,6 Mbps



    Lombok - Setelah empat kota, Lombok menjadi arena pembuktian keandalan jaringan baru Indosat. Sebelumnya, uji coba jaringan ini sudah dilakukan Indosat di empat kota, yaitu Jakarta, Makassar, Medan, Balikpapan.

    Wilayah kota Mataram hingga pantai Senggigi dipilih Indosat sebagai arena pengujian yang disaksikan langsung sejumlah media, pada Kamis (23/4/2015).

    Salah satu hasil pengujian menunjukkan, warga setempat dan wisatawan yang berada di sekitar pantai Senggigi bisa menikmati internet dengan kecepatan 9,66 Mbps saat mengunduh dan 2,49 Mbps saat mengunggah.

    Angka tersebut tercatat saat jaringan baru Indosat 42 Mbps dipantau dengan aplikasi Ookla Speedtest yang biasa dipakai untuk memantau kecepatan internet di sebuah lokasi.

    Pengujian lebih akurat dilakukan Indosat dengan sebuah aplikasi khusus yang dapat menampilkan kecepatan unduh dan unggah secara realtime serta BTS yang sedang terhubung.

    Hasil pengujian dengan aplikasi tersebut dari Mataram ke wilayah Senggigi menunjukkan kecepatan layanan internet Indosat maksimal 18,8 Mbps. Kecepatan  download rata-rata berhasil dicapai 8,3 Mbps.

    Pengujian yang dilakukan selama kurang lebih satu jam tersebut juga mendapatkan hasil kecepatan maksimal upload 5,5 Mbps dengan rata-rata 2,5 Mbps.

    Pengujian layanan internet Indosat tersebut dilakukan dengan pengunduhan dan pengunggahan file berukuran besar serta membuka video YouTube dengan kualitas HD. Terpantau, sepanjang pengujian video yang ditonton tidak satu pun tersendat.

    Division Head Network Optimization Indosat Joko Riswadi mengatakan, video YouTube kualitas standar (non-HD) dapat ditonton tanpa putus hanya membutuhkan koneksi 720 kbps hingga 1,2 Mbps sedangkan yang kualitas HD minimal butuh 1,5 Mbps. 

    "Selain kecepatannya, agar bisa menonton YouTube tanpa buffering adalah koneksinya harus stabil," kata Joko di atas bus yang digunakan untuk pengujian.

    Tak terasanya proses buffering saat pemutaran video YouTube sepanjang pengujian menjadi bukti bahwa kecepatan internet Indosat selalu di atas 1,5 Mbps, sesuai dengan hasil aplikasi uji, dan yang stabil.

    Selain layanan data juga dilakukan pengujian kualitas suara dengan mencoba fitur HD Voice. Fitur ini diklaim dapat menghadirkan kualitas suara yang lebih jernih dan jelas, lawan bicara seolah berdiri di depan penelepon.

    Pengujian menggunakan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 70 persen area yang diukur berada pada tingkat excellent(maksimum skor dengan nilai MOS 4-5) dan 28 persen area lainnya menunjukkan hasil baik dengan nilai 3-4. 

    Hasil ini diklaim menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat berada pada tingkat superior dibandingkan operator lain. (kompastekno)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Internetan di Pantai Senggigi Bisa Tembus 9,6 Mbps Rating: 5 Reviewed By: Unknown

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015