728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Saturday 25 April 2015

    Manfaat Lain Pil KB Selain Untuk Mengatur Jarak Kelahiran



    Kelebihan Pil KB dengan yang murah dan mudah didapat menjadi alasan banyak ibu menggunakan sebagai alat kontrasepsi untuk mengatur jarak kehamilan. Namun perlu anda ketahui, ternyata Pil KB tidak hanya bisa digunakan sebagai alat kontrasepsi, namun juga bisa digunakan sebagai solusi beberapa masalah kewanitaan.

    Pil KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang direkomendasikan untuk berbagai masalah wanita seperti tersebut dibawah ini:

    • Pil KB digunakan sebagai obat sindrom ovarium polikistik (SOPK), yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon wanita sehingga memicu menstruasi tidak teratur, jerawat, dan pertumbuhan rambut yang berlebih. Pemberian Pil KB kepada penderita SOPK dapat menurunkan kadar hormon sehingga siklus menstruasi dapat teratur dan pertumbuhan rambut dapat berkurang.
    • Pil KB dapat mengurangi kram saat menstruasi, dengan kinerja mengurangi produksi hormon prostaglandin pemicu kram perut saat menstruasi.
    • Pil KB dapat mengurangi perdarahan berlebih saat menstruasi (pemicu anemia), karena dengan mengkonsumsi Pil KB akan menyebabkan periode menstruasi lebih pendek dan apabila dikonsumsi terus menerus maka siklus menstruasi akan berhenti sama sekali.
    • Pil KB bisa digunakan untuk mengatur siklus menstruasi dimulai dan kapan berakhir.
    • Pil KB digunakan sebagai obat untuk menurunkan risiko endometriosis (kondisi di mana jaringan yang seharusnya melapisi rahim tumbuh pada organ di luar rahim, yang memicu rasa nyeri parah dan pendarahan berlebih saat siklus menstruasi). Dengan mengkonsumsi Pil KB secara terus menerus, maka menstruasi akan hilang, sehingga rasa sakit akibat endometriosis akan menghilang.
    • Pil KB untuk memperbaiki produksi hormon estrogen yang rusak, akibat berat badan rendah, stres, olahraga terlalu keras, atau kerusakan pada ovarium oleh paparan radiasi atau kemoterapi. Bagi wanita yang mempunyai siklus menstruasi tidak teratur atau bahkan tidak mengalami menstruasi, pil KB dapat membantu untuk mengatur siklus haid menjadi teratur dan mengembalikan produksi estrogen pada jumlah yang normal. Perlu anda ketahui, bahwa produksi estrogen yang normal juga akan berpengaruh terhadap kesehatan tulang.
    • Pil KB dapat menurunkan Sindrom Pra-Menstruasi (SPM) yang ditandai dengan perubahan suasana hati, perut kembung, nyeri payudara, dan pertumbuhan jerawat berlebih yang terjadi dua minggu sebelum siklus menstruasi.
    Dari penjelasan mengenai manfaat Pil KB tersebut diatas, juga diketahui bagaimana PIL KB bisa menghentikan siklus menstruasi apabila dikonsumsi terus menerus. Hal ini perlu mendapat perhatian bagi anda yang masih mempunyai keturunan, akan lebih baik apabila penggunaan alat kontrasepsi dengan metode kombinasi dengan alat kontrasepsi yang lain.

    Ringkasan:

    • Pil KB banyak digunakan oleh ibu untuk mengatur jarak kehamilan karena murah dan mudah didapat,
    • Penggunaan Pil KB tidak hanya untuk mengatur jarak kehamilan, namun juga untuk mengatasi beberapa keluhan kesehatan wanita,
    • Apabila dikonsumsi terus menerus, Pil KB dapat menghentikan menstruasi sehingga perlu diwaspadai.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Manfaat Lain Pil KB Selain Untuk Mengatur Jarak Kelahiran Rating: 5 Reviewed By: Unknown

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015