728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Saturday, 2 May 2015

    Apa Dampak Psikologi Ketika Anak Menyaksikan Kemesraan Orangtuanya di Tempat Tidur?


    Tidak jarang orangtua takut saat sang anak memergoki kemesraan ayah bundanya. Mereka khawatir hal ini berdampak buruk pada perkembangan psikologinya.
    Bagaimana caranya supaya si kecil bisa melupakan peristiwa ini? Dra. Mayke Tedjasaputra, MSI.,Play Therapist dan Psikolog menjelaskan keintiman di ranjang memang tidak layak disaksikan oleh anak usia berapa pun.
    Biasanya, reaksi anak bermacam-macam, ada yang ketakutan karena cemas bahwa ibunya diperlakukan secara kasar oleh ayah; anak mempraktikkan apa yang dia lihat.
    Apabila setelah si anak memergoki kemesraan terjadi reaksi tertentu pada anak, perlu dinetralisasi, tergantung pada bagaimana reaksinya terhadap peristiwa tersebut. Apabila anak meniru perilaku orangtuanya, sebaiknya cegah dengan memberitahu secara baik-baik. Misalnya, ketika anak menciumi gurunya/teman sekolah/saudara, katakan bahwa rasa sayang tidak harus diwakili dengan menciumi bagian tertentu, cukup dilakukan di pipi atau dahi layaknya yang dilakukan orangtua pada anak/sebaliknya.
    Tidak usah memberikan reaksi yang berlebihan, misalnya mencela, atau mencemooh anak. Apabila anak menjadi ketakutan dan semakin protektif terhadap ibunya, maka ayah perlu melakukan pendekatan pada anak dan menunjukkan perlakuan yang positif terhadap ibu, agar anak secara berulang mendapatkan bukti bahwa ayahnya tidak mengancam keselamatan ibu.
    "Apabila usaha yang Bapak lakukan tidak membuahkan hasil dan muncul gejala yang tidak diinginkan, sebaiknya orangtua melakukan konsultasi dengan psikolog yang menangani masalah klinis anak. Semoga tidak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan," saran Mayke. (nakita/tribunnews)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Apa Dampak Psikologi Ketika Anak Menyaksikan Kemesraan Orangtuanya di Tempat Tidur? Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015