728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Wednesday 17 September 2014

    Siapa Menteri Kependudukan ?

    SATU dari 34 kementerian yang terbaru dalam kabinet Jokowi adalah Kementerian Kependudukan dan BKKBN.
     
    Kementerian ini kabarnya bakal jadi branding Jokowi dan merupakan kementerian spesial, karena itu kabarnya banyak kalangan berharap sosok calon menteri yang akan ditempatkan di kementerian ini harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut
     
    Pertama, muda. Kedua, profesional. Ketiga, bukan figur status quo (seperti bekas pejabat atau incumbent) Keempat, berkompeten dalam arti benar-benar menguasai permasalahan kependudukan dan Keluarga Berencana.
     
    Kelima, punya integritas, bersih dari KKN, punya reputasi, dan prestasi keilmuan khususnya di bidang kependudukan.
     
    Kenapa harus ada syarat-syarat seperti di atas?
     
    Karena, pertama, kementerian ini bukan jenis kementerian politicking yang menjadi rebutan, karena itu yang dibutuhkan adalah figur profesional, apalagi kementerian ini bukan merupakan kementerian "basah" seperti misalnya Kementerian ESDM, atau tiga kementerian lainnya yang belakangan ini dikenal sangat rentan korupsi, semisal Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama, dan Kementerian Kesehatan. Dimana sudah bukan rahasia ketiga kementerian ini termasuk yang diperebutkan oleh partai politik.
     
    Yang kedua, figur yang benar-benar berkompeten dan menguasai permasalahan kependudukan dan Keluarga Berencana saat ini sudah sangat jarang, apalagi bidang ini dalam kurun waktu belakangan ini (pasca Soeharto + pasca Reformasi) kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah.
     
    Baru di era Jokowi bidang kependudukan dan Keluarga Berencana akan kembali mendapatkan perhatian dan prioritas. Jokowi sendiri menurut berbagai kalangan menaruh minat yang sangat serius terhadap problem kependudukan dan Keluarga Berencana sehubungan dengan adanya Bonus Demografi atau ledakan jumlah penduduk yang harus secepatnya di-kendalikan karena sangat berkorelasi dengan banyak hal, terutama kesejah-teraan masyarakat. Apalagi carut ma-rut persoalan kenegaraan di republik ini banyak dipicu oleh berantakan-nya data base kependudukan.
     
    Kita tentu menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap visi dan komit-men Jokowi dalam membangun bangsa ini ke depan. Mudah-muda-han Jokowi bisa memulainya dari kementerian ini, karena itu Jokowi bu-tuh figur yang tepat unruk mewu-judkan idealisme dan cita-citanya terhadap masalah kependudukan dan Keluarga Berencana. Jokowi butuh menteri yang sejalan dengan karakter Jokowi sendiri yang dinamis (seperti suka blusukan), karena itu dibutuhkan sosok muda untuk ditempatkan di Kementerian Kependudukan dan BKKBN.
     
    Di ujung tulisan ini bolehlah kita mengutip perkataan Bung Hatta dalam rapat Panitia Persiapan Kemer-dekaan, 69 tahun yang lalu. Bung Hatta berkata sesungguhnya menleri punya pengaruh besar terhadap pre-siden dalam menentukan politik negara sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dalam hal ini menteri adalah pemimpin negara, pemimpin' rakyat yang tidak cuma punya ber-mental pegawai (pesuruh) belaka.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Siapa Menteri Kependudukan ? Rating: 5 Reviewed By: Unknown

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015