728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Monday, 17 November 2014

    BKKBN: Makin Tipis Kesempatan Emas Bonus Demografi

    Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Djalal menilai, kesempatan Indonesia semakin tipis mencapai bonus demografi, jika angka kelahiran tidak dapat dikendalikan.

    Berdasarkan Sensus 2010, ternyata kesempatan emas kita semakin tipis, yaitu hanya empat tahun, katanya di Jakarta, Sabtu.Fasli mengatakan, bonus demografi merupakan kesempatan emas, yakni usia angkatan kerja atau usia produktif sangat besar, sementara itu di saat yang sama usia muda semakin kecil dan usia lanjut belum banyak. Awalnya, menurut dia, Indonesia diprediksi akan mendapat bonus demografi tersebut tahun 2020 hingga 2030. 

    Tapi, makin tipis kesempatan bonus demografi kita dari awalnya 10 tahun hanya menjadi empat tahun karena pada 2010, ternyata jumlah penduduk kita terus melonjak, kata Fasli.Dia menjelaskan, target jumlah penduduk pada 2010 sebanyak 233 juta tapi ternyata berdasarkan swnsua jumlahnya melonjak hingga 237 juta jiwa.

    Pada 2035 diperkirakan jumlah penduduk Indonesia melonjak menjadi 243 juta jiwa. Jumlah penduduk terbesar berada di Jawa Barat yaitu pada 2010 menapai 44 juta dan diperkirakan melonjak menjadi 58 juta pada 2035.Oleh karena itu, Fasli menambahkan, perlunya mengendalikan jumlah penduduk dengan mendukung program keluarga berencana, terutama untuk meningkatkan kualitas keluarga dan generasi mendatang.

    Ia mengemukakan hal itu pada advokasi komunikasi informasi dan edukasi kependudukan dan keluarga berencana bagi generasi muda.

    Acara tersebut diselenggarakan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) DKI Jakarta bekerja sama dengan Keluarga Mahasiswa dan Alumni Penerima Beasiswa Supersemar (Antaranews)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BKKBN: Makin Tipis Kesempatan Emas Bonus Demografi Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015