728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Thursday 30 April 2015

    Kendala bonus demografi bidang ketenagakerjaan berimplikasi pada MEA


    Ditinjau dari sisi tenaga kerja peluang emas bonus demografi di Provinsi Bengkulu masih memiliki kendala cukup serius dibidang ketenagakerjaan. Karena kualitas tenaga kerja di Provinsi Bengkulu masih tergolong cukup rendah.

    Berdasarkan hasil survei angkatan kerja nasional 2014 menyebutkan, bahwa 2014 angkatan kerja yang ada berpendidikan SD mencapai 45,5 persen. Yang rata-rata terserap dibidang pertanian dan sektor informal.

    Kepala Bidang Pengendalian Penduduk (DALDUK) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bengkulu Iskandar mengatakan, Dari angka-angka tersebut tampaknya memiliki hambatan yang cukup berarti. Jika tidak diatasi secara serius maka perekonomian di Bengkulu dalam 40 tahun mendatang tidak akan mendapat keuntungan pada peluang bonus demografi itu, terutama dalam bidang ketenaga kerjaan.

    "Kendala tersebut akan berimplikasi pada masyarakat ekonomi ASEAN (MEA)," kata Iskandar.

    Terbukanya arus tenaga kerja antar negara-negara ASEAN  dalam kerangka MEA mestinya harus membuka peluang bagi tenaga kerja di Provinsi Bengkulu agar dapat masuk ke pasar MEA.

    Namun, kesempatan itu dalam jangka pendek ini belum dapat dimanfaatkan seluruh tenaga kerja di daerah ini. Alasannya, melihat dari kualitas tenaga kerja yaang masih rendah.

    Kesempatan tenaga kerja di Bengkulu dalam pasar tunggal MEA bidang tenaga kerja belum menjadikan peluang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lokal dan daerah ini. Kesempatan MEA, hanaya dapat dinikmati tenaga kerja yang berpendidikan dan memiliki keahlian yang berdasarkan kebutuhan pasar kerja MEA, ujarnya.

    Menurut Iskandar, dalam menghadapi pasar tunggal MEA itu pemerintah daerah perlu menemukan upaya-upaya dalam meningkatkan kemampuan tenaga kerja lokal.

    Upaya itu dengan meningkatkan kualitas pendidikan SDM melalui pendidikan formal dan keterampilan. Membuka lapangan kerja sektor formal yang seluasnya, dan memberikan kemudahan usaha bagi penanam modal untuk menyediakan lapangan kerja dengan mampu menyerap tenaga yang lebih banyak.(antarabengkulu)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kendala bonus demografi bidang ketenagakerjaan berimplikasi pada MEA Rating: 5 Reviewed By: Unknown

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015