728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Wednesday 20 May 2015

    BKKBN Gelar Diklat Teknis Pengelolaan BKB HI


    CATATAN HABRIAH, Samarinda -- Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga berencana Nasional(BKKBN) provinsi Kaltim menggelar Diklat Teknis Pengelolaan Bina Keluarga Balita (BKB) Holistik Integrasi yang dikuti sebanyak 26 peserta dari Kabupaten dan Kota se Provinsi Kaltim dan Kaltara.



    “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi pengelola BKB yang ada ,”kata Kabid Adpin, Ahmad Taqdir mewakili Kepala BKKBN Kaltim, Yenrizal Makmur saat membuka Diklat Pengelolaan BKB HI di Samarinda, Selasa (19/5).

    Ia mengatakan berdasarkan UU Nomor 52 tahun 2009 tentang pembangunan keluarga dan keluarga sejahtera merupakan landasan hukum dalam penyelenggaraan pengendalian penduduk dan pembangunan keluarga guna mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

    Salah satu upaya untuk mewujudkan keluarga kecil dan sejahtera tersebut adalah melalui program ketahanan keluarga dengan memperhatinkan, kesehatan, pendidikan dan tumbuh kembang Balita.

    Menurutnya pengelolaan Bina Keluarag Balita yang terintegrasi dengan i beberapa program instansi terkait di antaranya dari Dinas Pendidikan dengan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD ), kemudian dengan Dinas Kesehatan dengan program Posyandunya yang dipadukan atau diintegrasikan dengan program BKKBN dengan Bina Keluarga Balita (BKB).

    Lanjut Achmad Taqdir beberapa program disinergikan sehingga terbentuk pengelolaan BKB Holistik Integrasi atau terpadu dalam suatu wadah pembinaan anak yakni terdiri PAUD, BKB dan Posyandu,” katanya.

    “Harapan kedepannya pengelolaan BKB HI akan terus berkembang dan tidak terpusat pada suatu kecamatan, paling tidak disetiap keluarahan atau desa sudah ada BKB HI nya,” ujarnya.

    Kabid Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK), Hartini menambahkan di Provinsi Kaltim dan Kaltara jumlah BKB yang sudah terbentuk sebanyak 285 BKB sedangkan BKB HI sebasnyak 42, namun diharapkan BKB dasar itu nantinya berkembang menjadi BKB HI.

    Dikatakannya pada dasarnya pelayanan terhadap anak secara esensial harus terpenuhi seperti kesehatan, pendidikan dan tumubuh kembangnya.

    Sementara itu Kabid Latbang BKKBN kaltim, HN Chasrunsyah mengatakan Diklat teknis pengelolaan KB HI di lakukan hanya dua angkatan dan ini merupakan angkatan kedua yang diikuti sebanyak 26 peserta terdiri dari Muslimat NU, Aisyiyah dan mitra kerja lainnya. (antara.kaltim)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BKKBN Gelar Diklat Teknis Pengelolaan BKB HI Rating: 5 Reviewed By: Unknown

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015