728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Tuesday, 2 June 2015

    Awas, Anak Lebih Dekat dengan Gadget Dibanding Orangtua


    CATATAN HABRIAH -- Teknologi yang semakin canggih dan berkembang saat ini tidak hanya memiliki dampak positif. Tetapi, juga memiliki dampak negatif bagi anak. Anak cenderung lebih dekat dengangadget dibanding dekat dengan orangtua.
    Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA), Yohana Yembise mengatakan, kurangnya perhatian dari orangtua mengakibatkan anak-anak cenderung lebih dekat dengan gadget.
    “Orangtua seharusnya berperan aktif dalam memilih permainan dan ikut mendampingi anak jika bermain gadget karena orangtua mempunyai tanggung jawab besar dalam mendampingi anak ketika mereka bermain game elektronik,” kata Menteri Yohana Yembise.
    Menurutnya, dengan tidak adanya keterikatan emosional yang baik antara orangtua dengan anak berdampak kepada perilaku anak yang cenderung melampiaskannya ke gadget sehingga menyebabkan kecanduan.
    Rasa ingin tahu anak terhadap sesuatu hal yang baru memicu anak membuka gambar-gambar atau informasi-informasi lainnya yang belum layak untuk dikonsumsinya. Tanpa disadari sering kali mereka terjerumus untuk mengakses situs-situs orang dewasa sehingga mereka cenderung menirunya. Bahkan, anak bisa terjebak pada modus kejahatan baru dari internet.
    Melihat kekhawatiran tersebut Menteri PP-PA Yohana, berwacana akan membuat peraturan menteri tentang pelarangan anak menggunakan HP untuk usia tertentu.
    “Permen ini adalah wacana baru yang akan dibuat oleh Kementerian PP-PA, mengingat munculnya berbagai modus kejahatan baru dampak dari kemajuan teknologi melalui handphone yang digunakan oleh anak-anak dibawah umur,” ujar Menteri Yohana.
    Menteri Yohana menambahkan, Permen tersebut akan disusun melalui kajian khusus dari Kementerian PP-PA yang nantinya akan bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kepolisian serta pemangku kepentingan terkait lainnya.
    Esensi utama yang akan diatur dalam permen ini nantinya bukan pada pelarangan penggunaan HP, namun lebih dititik beratkan pada dampak yang ditimbulkan dalam penggunaan HP khususnya terhadap anak. Dampak ini dapat dilihat dari berbagai aspek seperti aspek kesehatan, aspek psikis serta sosial.(okz/ags/data1)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Awas, Anak Lebih Dekat dengan Gadget Dibanding Orangtua Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015