728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Monday, 3 March 2014

    Cara Mengecek Benang KB Spiral Tetap Pada Tempatnya

    Mengecek Benang KB Spiral atau IUD perlu dilakukan secara rutin, dengan tujuan Alat Kontrasepsi ini masih terpasang secara sempurna agar Kehamilan Tidak Terjadi. Sampai saat ini alat Kontrasepsi Spiral/IUD semakin diminati karena minim risiko dan efektif mencegah kehamilan untuk program KB. Namun memang banyak pengguna Sprital mengeluh tidak nyaman, terasa perih pada bagian perut bagian bawah bahkan terjadi pendarahan. 

    Beberapa keluhan pengguna KB Spiral disebabkan karena pemasangan KB Spiral yang tidak pas antara mulut rahim dan uterus. Alat Kontrasepsi Spiral berbentuk seperti huruf T dan diletakan di rongga rahim. Dan apabila saat pemasangan posisinya tepat, maka alat kontrasepsi ini tidak akan berubah posisi atau bergeser, sehingga tidak menimbulkan keluhan dan keefektifan untuk mencegah kehamilan akan sangat berkurang.

    Adapun tips aman penggunaan Alat Kontrasepsi Spiral adalah sebagai berikut:
    1. Sebelum pemasangan dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi organ kelamin wanita, apakah terjadi infeksi, peradangan atau terjadi penebalan dinding rahim (IUD tidak bisa dipasang pada wanita yang mengalami penebalan dinding rahim). Dan apabila terjadi infeksi dan peradangan harus diobati terlebih dahulu.
    2. Pemasangan alat kontrasepsi IUD dilakukan saat wanita haid, agar dipastikan tidak ada kehamilan dan mulut rahim sedang terbuka, sehingga mudah saat pemasangan,
    3. Melakukan pemeriksaan posisi alat spiral setelah waktu seminggu, 3 bulan, 6 bulan dan setiap satu tahun sekali.
    4. Apabila terjadi keluhan nyeri, atau keputihan segera konsultasikan dengan dokter. Sehingga diketahui apakah spiral perlu dikeluarkan dan diganti dengan olat kontrasepsi lain atau tidak.
    Cara Mengecek Benang IUD di Rumah

    Agar KB IUD bekerja maksimal, maka posisinya harus tepat. Dan hal tersebut bisa diatasi diketahui pengecekan sendiri dilakukan di rumah. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:
    • Pastikan tangan bersih, dengan mencucinya terlebih dahulu dengan sabun dan air bersih yang mengalir.
    • Dengan posisi jongkok masukkan jari tengah ke dalam organ kelamin dimana IUD terpasang, dan pastikan anda bisa meraba benang IUD.
    • Apabila anda tidak merasakan adanya benang IUD, maka kemungkinan lepas atau bergeser.
    • Apabila anda merasakan ujung IUD, maka kemungkinan alat kontrasepsi IUD yang anda gunakan akan terlepas.
    • Apabila anda merasakan sakit/ kurang nyaman saat menyentuh mulut rahim, dan kedua hal diatas, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memperbaiki letak Spiral.
    Ringkasan: 
    • Agar efektif mencegah kehamilan dan tidak menimbulkan keluhan pemasangan KB Spiral dan IUD harus tepat,
    • Mengecek Benang KB Spiral atau IUD bisa dilakukan sendiri di rumah, namun untuk memperbaiki letaknya harus dilakukan oleh dokter.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cara Mengecek Benang KB Spiral Tetap Pada Tempatnya Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015