728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Tuesday 11 March 2014

    Peran Program KB dalam Masyarakat


    Pelaksanaan program KB yang dilaksanaan oleh BKKBN dirasakan telah membuahkan hasil. Walaupun masih belum berhasil benar tetapi telah mengalami kemajuan yang cukup besar. Banyak sekali kebiasaan yang ada di masyarakat yang telah berubah.

    Program KB bertujuan untuk mengontrol jumlah penduduk yang ada di negara ini. Jumlah penduduk yang ada di negeri ini sudah lumayan cukup besar. Untuk suatu negara, penduduk kita termasuk besar yakni lebih dari dua ratus juta jiwa. Angka yang cukup tinggi. Oleh karena itu pemerintah berusaha menekan laju pertumbuhan penduduk dengan program KB.Berbagai cara dilakukan oleh BKKBN dalam mensukseskan program KB. 

    Macam-macam cara yang ditempuh oleh BKKBN dalam pensuksesannya adalah melalui penyuluhan, iklan televisi, dan penyebaran opini akan pentingnya KB melalui bidan-bidan atau tenaga medis lainnya.Perjuangan yang dilakukan oleh BKKBN pun tidak sia-sia. Apa yang diharapkan terjadi pengontrolan penduduk di masyarakatpun bisa terpenuhi. Sebuah pola pikir yang menyatakan bahwa “banyak anak banyak rejeki” pun mulai sedikit terkikis.

    Masyarakat yang ada di dalam masyarakat sekarang mulai berpikir lain. Pikiran tentang “banyak anak banyak rejeki” sekarang lambat laun telah berubah. Pola pikir masyarakat tidak seperti itu lagi, sekarang pola berpikir yang ada di masyarakat berubah menjadi “banyak anak banyak susahnya”.

    Jika pada waktu dulu kebiasaan masyarakat yang memiliki anak banyak adalah hal biasa. Dulu dalam satu pasangan suami istri memiliki anak dengan jumlah delapan, tujuh, sepuluh, atau bahkan sebelas adalah hal yang biasa. Pandangan masyarakat pun pada waktu itu biasa saja bahkan sangat senang karena banyak anak banyak rejeki.

    Beberbeda dengan yang ada saat ini. Merawat anak yang masih kecil dengan jumlah yang banyak adala suatu hal yang melelahkan. Sesuatu hal yang sangat membebani. Banyak sekali hal yang harus dilakukan untuk mampu menghidupi banyak sekali anak. Tidak hanya biaya hidup tetapi juga biaya pendidikan yang semakin lama semakin meninggi.Oleh karena itu, maka tidak heran jika saat ini banyak orang yang untuk tidak berpikiran memiliki anak banyak. Mereka lebih memilih memiliki sedikit anak, yakni satu atau dua saja. 

    Semua itu karena biaya yang ada di kehidupan sehari-hari sangatlah tinggi. Mulai dari biaya hidup sampai biaya pendidikan semuanya sangat tinggi.Sebenarnya semua masalah sosial yang ada di masyarakat yang ada bisa di atasi. Penyelesaian yang ada bisa diatasi jika adanya pemerataan kesejahteraan sosial yang benar-benar merata. 

    Namun semua itu tidak bisa dilakukan karena masih belum meratanya kesejahteraan sosial masyarakat yang ada di negeri ini. Maka tidak heran jika program kb lah yang dipilih demi mensejahterakan masyarakat negera ini.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Peran Program KB dalam Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: Unknown

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015