728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Saturday 25 April 2015

    Efek Cokelat untuk Penderita Asam Urat



    Cokelat adalah bahan makanan yang mengandung antioksidan seperti senyawa fenolic (termasuk katekin, asam fenolic, epikatekin dan proanthocyanidin), polymeric fenolic yang tidak larut dan methylxanthine (seperti kafein, theobromine dan theofilin) dan makanan ini tidak mengandung purin. Apabila Cokelat dihubungkan dengan kambuhnya penyakit asam urat, karena adanya kandungan theobromine yang ada pada cokelat tersebut.

    Theobromine adalah jenis xanthine atau methylxanthine yang ditemukan pada cacao dan mempunyai struktur kimia mirip dengan kafein. Keuntungan dari xanthine pada cokelat yang berasal dari kakao tidak mempunyai hubungan dengan metabolisme purin baik anabolik maupun kataboliknya pada manusia, sehingga tidak akan menyebabkan kekambuhan pada penderita asam urat.

    Bahkan Methylxanthine juga memiliki efek menghambat kerja xantin oksidase sehingga terjadi penghambatan pada proses nukleasi dan pembentukan kristal asam urat, sehingga akan baik apabila dikonsumsi pada penderita asam urat.

    Manfaat Cokelat untuk Penderita Asam Urat

    Selain berbagai keuntungan tersebut diatas, cokelat juga mempunyai banyak manfaat lain bagi penderita asam urat, yang diantaranya adalah :
    • Kandungan flavonoid dan procyanidin pada cokelat mempunyai efek antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi, sehingga dapat mengurangi nyeri dan rasa sakit yang terjadi pada penderita asam urat.
    • Kandungan epicatekin pada cokelat merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah kambuhnya penyakit asam urat.
    Kewaspadaan konsumsi cokelat untuk penderita asam urat adalah karena cokelat sering dikemas dalam bentuk camilan yang sering dalam bentuk cokelat susu sehingga mengandung kalori yang tinggi. Kondisi ini memicu kegemukan dan akan memperparah penyakit asam urat. selain itu sebaiknya penderita juga menghindari mengkonsumsi makanan pantangan untuk penderita sama urat.

    Dari beberapa penelitian juga ditemukan bahwa efek theobromine cacao dalam tubuh juga tergantung dari kadar dan bioavailabitas dari theobromine penderita asam urat. sehingga apabila anda mempunyai riwayat asam urat dan merasa nyeri setelah mengkonsumsi cokelat, sebaiknya menghentikan konsumsi cokelat

    Ringkasan:

    • Cokelat mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi dan rendah purin,
    • Cokelat pada dasarnya aman dikonsumsi oleh penderita asam urat dengan kadar dan bioavailabitas dari theobromine yang rendah,
    • Kewaspadaan cokelat untuk penderita asam urat adalah tingginya kalori yang biasanya dicampur pada makanan dari cokelat.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Efek Cokelat untuk Penderita Asam Urat Rating: 5 Reviewed By: Unknown

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015