728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Saturday 25 April 2015

    Cara Mudah Mengolah Emosional Negatif



    Mengolah Emosional memang perlu latihan yang bertahap, salah satunya bisa dengan Neuro Linguitik Programming (NLP). NPL merupakan teknik yang dapat mengubah emosi negatif menjadi energi positif seketika dengan menggunakan state of management yang meliputi pengelolaan keadaan pikiran maupun emosional.

    Ketika seseorang mengalami emosi negatif seperti marah, sedih, kecewa, takut, dan malas sebaiknya dicari terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Pikiran, emosi, dan tubuh merupakan satu kesatuan sehingga bisa jadi, emosi negatif yang sedang dialami muncul karena pikiran baik pengalaman masa lalu, kejadian, atau sesuatu yang 'negatif'.

    Sebagai contoh, apabila anda sedang merasa sedih, akibat orang tercinta meninggal dunia, ubahlah fokus pikiran kepada ide-ide positif. Ingatlah kejadian atau pengalaman yang menyenangkan seperti ketika mendapat hadiah ulang tahun, anak-anak yang lucu, mendapat komisi pertama, dan pengalaman menyenangkan lainnya. Atau dengan kata lain, ketika emosi sedang negatif segera ubah fokus pikiran terhadap hal-hal yang positif. 

    Cara Mudah Mengolah Emosional Negatif yang kedua adalah mengelola fisiologis seperti cara berdiri, cara bernafas, dan ekspresi wajah. Hal ini dikarenakan Emosi negatif mempengaruhi sistem pernafasan yang menjadi lebih pendek, lambat, dan tidak teratur. Saat anda emosi atau marah, sebaiknya anda bernafas lebih panjang, dalam, dan teratur, sehingga emosional menjadi lebih berkurang.

    Suksesnya mengelola emosional juga dipengaruhi oleh postur tubuh. Sebagai contoh posisi duduk yang menggambarkan emosi negatif adalah pundak tertarik ke bawah dan kepala menggantung ke bawah, mata ke bawah dan tidak fokus, nafas pendek dan lambat, mulut tertutup rapat dan tertarik ke bawah. Postur tubuh seperti ini, juga akan menyebabkan rasa bosan dan lelah lebih cepat. 

    Agar emosi negatif berubah menjadi negatif, anda bisa merubah postur tubuh menjadi  pundak ditarik ke belakang, mata terbuka lebar dan fokus ke depan, nafas cepat dan dalam, dan mulut tertarik keatas seperti seyum. Cara ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anda.

    Selanjutnya anda harus menjauhi pola fisiologis, sikap, pola pikir, dan tindakan orang gagal. Arahkan pada fisiologisk, sikap, pola pikir, dan tindakan orang-orang yang menang dan sukses, sehingga anda juga akan bisa menang dan sukses. Karena yang paling penting adalah emosi positif akan mendukung anda untuk meraih sukses dan mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

    Ringkasan:

    • Mengolah emosi negatif ke positif diperlukan pengolahan pikiran dan postur tubuh,
    • Kenangan menyenangkan dan membahagiakan dapat membantu anda mengelola emosional menjadi positif,
    • Poster tubuh yang tepat selain dapat mengelola emosional negatif juga dapat meningkatkan rasa percaya diri.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cara Mudah Mengolah Emosional Negatif Rating: 5 Reviewed By: Unknown

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015