728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Thursday 30 April 2015

    Kulonprogo Gencar Kampanyekan Program KB untuk Pria


    KULONPROGO - Upaya Pemkab Kulonprogo mengampanyekan keluarga berencana (KB) bagi pria melalui metode operasi pria (MOP) atau dikenal vasektomi mulai menunjukkan pengaruh. Saat ini muncul beberapa kelompok KB pria, salah satunya adalah Kelompok KB Pria Pandawa dari Desa Pengasih, Kecamatan Pengasih.
    Pemkab bahkan menunjuk kelompok ini sebagai wakil Kulonprogo untuk maju lomba KB tingkat DIY. Salah seorang pesertanya, Heru Mei Yanto, tampil sebagai motivator mewakili Kulonprogo.
    Ketua KB Pria Pandawa, Arief Budiyanto, mengatakan kelompok itu terbentuk pada 2005. Meski perkembangannya sedikit demi sedikit, namun hingga saat ini kelompok tersebut memiliki 46 akseptor MOP.
    "Kami sosialisasikan dengan banyak cara. Melalui komunikasi informasi dan edukasi, melalui pentas seni dan dari mulut ke mulut, sampai akhirnya kami juga siaran radio," kata Arief, saat penilaian lomba di Kecamatan Pengasih, Selasa (28/4/2015).
    Arief menyatakan, kelompoknya berhasil juga karena peran Heru Mei Yanto yang aktif melakukan sosialisasi dan memotivasi. Akhirnya, kelompok itu pun dapat maju mewakili Kulonprogo di tingkat DIY.
    Dalam lomba tingkat DIY itu, para penilai merupakan tim dari DIY. Mereka terdiri atas BKKBN DIY, MUI dan dokter. Mereka berdialog dan melakukan wawancara dengan kelompok KB Pria. Dari kelompok Pendawa, Heru menjadi motivatornya.
    Ketua penilai Ellya Nunuk Irihastuti mengatakan lomba kelompok KB pria digelar dalam rangka memperingati Hari Keluarga Tingkat Nasional. Selain itu juga untuk memotivasi kelompok KB pria agar bersemangat dalam Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).
    "Dalam lomba ini masyarakat juga memiliki kesempatan bertanya kepada tim perihal KB pria vasektomi jika masih merasa ragu," katanya. (tribunnews,yogya)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kulonprogo Gencar Kampanyekan Program KB untuk Pria Rating: 5 Reviewed By: Unknown

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015