728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Wednesday 29 April 2015

    Lelang Kepedulian Ala Posdaya Mustika Kencana


    Untuk membantu masyarakat pra sejahtera, Posdaya Mustika Kencana punya kiat tersendiri berupa lelang kepedulian.
    Ihwal lelang kepedulian ini, awalnya masyarakat diundang untuk mendapat penjelasan ihwal pentingnya empati terhadap sesama, dan manfaat nilai gotong royong. Setelah masyarakat memahami dan punya komitmen sama, lalu dibentuk semacam “Gerakan Aladin” guna secara bergotong royong melakukan perbaikan rumah warga yang tidak layak huni.
    “Gerakan Aladin” Posdaya Mustika Kencana berjalan lancar karena mudah dikerjakan, tidak membutuhkan biaya mahal dan digarap secara gotong royong, serta hasilnya segera dapat dinikmati oleh warga yang membutuhkan.
    Gerakan yang dalam aplikasinya banyak dibantu masyarakat dan PLKB ini, akhirnya mempunyai empat bidang garapan utama yakni; 
    (1).Bidang Kesehatan melingkupi kegiatan Posyandu satu bulan 1 kali (hari Rabu minggu ke 2) jumlah Balita 140 BalitaRW Siaga satu bulan 1 kali (hari Rabu minggu ke 2) Jumlah Bumil 5 OrangPosyandu Lansia satu bulan 1 Kali (hari Rabu minggu ke 2) Jumlah Lansia 25 Orang dan Pra Lansia 20 OrangAnak Balita (1 – 5) thn, (4). Senam sehat setiap hari minggu jumlah peserta ± 40 orang, pengadaan ambulan yang berupa bantuan dari warga secara sukarela.
    (2).Bidang pendidikan, untuk tahun jaran 2013-2014 meliputi kegiatanPAUD satu minggu 3 kali (Senin,Selasa & Rabu) dengan jumlah siswa 40anak, TPA satu minggu 5 kali (Senin – Jumat) jumlah siswa 45 orang,TPA Dewasa satu minggu 1 kali (Setiap hari Senin) dengan jumlah siswa 20 orangTaklim Ibu – ibu 1 minggu 2 kali (Jumat dan Sabtu)Taklim Bapak – bapak 1 minggu 2 kali (Jumat dan minggu)Taklim Remaja 1 minggu 1 kali (Setiap Kamis malam)Bina Keluarga balita setiap bulan bersamaan dengan kegiatan PosyanduBina Keluarga Remaja berupa penyuluhan – penyuluhan dan Olah Raga.
    (3). Bidang ekonomi dikembangkan melalui koperasi, dimana Koperasi Wanita Mandiri Posdaya Mustika Kencana telah bergerak dalam bidang simpan pinjam, UKM (Usaha Kecil Menengah) yang mencakup semua RT dari RT 01 sampai RT 07 yang meliputi bidang usaha catering, makanan ingan,toko kelontong, warung makan, penjahit, kerajinan tangan, dan lainnya. Ada juga Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Mustika 27 yang bertujuan meningkatkan Perekonomian Anggota.
    (4). Bidang lingkungan dan Sosial yang meliputi kegiatan PHBS, kebun gizi dan toga dan keamanan lingkungan, santunan yatim piatu dan dhuafa, serta bantuan sarana ibadah untuk mesjid dan musholla,berupa Pundi 100 (bantuan untuk biaya pendidikan dan kesehatan), dan Pundi amal bencana alam.
    Keterpaduan 4 bidang program Posdaya Mustika Kencana ini semuanya ditujukan sebagai upaya bersama agar setiap keluarga mempunyai kemampuan melaksanakan 8 fungsi keluarga (keagamaan, kasih sayang, sosial budaya, perlindungan, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lingkungan) dan meningkatkan nilai Indeks Pembangunan Manusia (indeks pendidikan, indeks kesehatan dan indeks daya beli masyarakat). Seperti diketahui, Posdaya Mustika Kencana berdiri pada 21 Pebruari2009 sebagai pengembangan dari Posyandu yang telah ada dilingkungan masyarakay RW 27 Kelurahan Kelurahan Mustika Jaya, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi.

    Pada awalnya, kegiatan hanya sebagai tempat pelayanan kesehatan ibu dan balita serta pelayanan Keluarga Berencana (KB), tapi kemudian kegiatan dikembangkan dengan mendidik masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, menyekolahkan anak-anak, dan berlatih menggeluti kegiatan ekonomi mikro yang sederhana.
    Melalui Posdaya Mutika Kencana, warga RW 27 Kelurahan Mustika Jaya ini telah mematok tekad bersama untuk mensejahterakan diri dengan menumbuhkan kembali semangat dan nilai-nilai luhur gotong royong dalam kehidupan masyarakat, sehingga tercipta rasa peduli dan semangat saling membantu dalam memecahkan permasaahan kehidupan sosial.
    Di sisi lain pendirian Posdaya Mustika Kecana ini sebagai ajang silaturrahmi dan wadah partisipasi keluarga untuk memberi dan menerima berbagai pembaharuan yang senantiasa bisa membantu meningkatkan fungsi keluarga serta kualitas kehidupannya
    RW 27 Kelurahan Mustika Jaya memiliki luas wilayah sekitar 60.000 meter persegi terbagi dalam 7 RT dengan jumlah penduduk 303 KK (1.160 jiwa) serta rincian 27 KK Keluarga Prasejahtera, Ks-1 35 KK, KS-2 19 KK, KS 3 171 KK dan KS-3 Plus 49 KK. (VOBnews)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lelang Kepedulian Ala Posdaya Mustika Kencana Rating: 5 Reviewed By: Unknown

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015