728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Thursday, 30 April 2015

    Madu Asli dan Palsu, Gimana Bisa Bedakan? Gini Caranya


    Madu banyak menyimpan khasiat yang baik untuk kesehatan manusia. Tak ayal, banyak orang senang mengkonsumsi madu.
    Tetapi tak semua madu yang dijual bebas di pasaran adalah madu asli dan benar-benar murni. Apalagi madu yang dijual penjaja keliling atau madu yang biasa dijual di pinggir jalan belum tentu dijamin keasliannya.
    Nah kalau sudah begitu, bagaimana caranya kita bisa mengetahui madu yang kita beli benar-benar adalah madu asli (murni) atau palsu.
    Ini adalah beberapa cara untuk menguji keaslian/kemurnian madu :
    1. Masukan madu ke dalam segelas air putih. Madu yang palsu akan terlihat dari warna campuran air yang lebih jernih, sedangkan madu asli warna campurannya akan lebih keruh.
    2. Tuang madu ke dalam sendok makan kemudian bakar di atas api lilin. Saat madu mulai panas dan mendidih, gelembung akan naik kemudian tumpah. Sedangkan madu palsu (tak murni) saat mendidih tak akan pernah tumpah.
    3. Madu yang telah dipanaskan di atas api lilin kemudian didinginkan. Saat sudah dingin, celupkan jari ke dalam madu kemudian tarik ke atas. Madu asli (murni) larutannya tetap lembut tak tidak akan ikut tertarik bersama jari, sedangkan madu palsu (tak murni) saat ditarik dengan jari ke atas akan ikut membentuk serat panjang yang kemudian mengeras.
    Demikianlah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetes madu yang anda beli murni atau tidak. Selamat mencoba. (tribun)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Madu Asli dan Palsu, Gimana Bisa Bedakan? Gini Caranya Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015