728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Saturday, 25 April 2015

    Mengapa Wanita Hamil Bisa Ngidam ?

    Mengidam saat hamil hampir dialami oleh semua wanita hamil. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa sekitar 90% wanita hamil mengidamkan makanan aneh dan tidak biasa selama masa kehamilan mereka. Mengidam adalah salah satu tanda wanita hamil.

    Beberapa wanita mengidam normal dan beberapa wanita lain mengidamkan hal-hal yang tidak biasa. Kadang wanita hamil mengidamkan rasa dan bau yang aneh sebagai reaksi alami tubuh mereka yang berusaha membangun vitamin dalam darah untuk menjaga bayi mereka tetap aman di dalam rahim.

    Setidaknya ada empat penyebab wanita hamil mengidamkan sesuatu yang tidak biasa dalam kehidupan keseharian mereka. Mari kita bahas satu per satu penyebab wanita hamil ngidam:

    Hormon:

    Beberapa wanita hamil akan mencari dan memakan makanan yang sebelumnya mereka tidak sukai. Mengapa? Perubahan hormon mempengaruhi rasa dan bau makanan. Perubahan ini disebabkan oleh kehamilan, menopause, dan kontrasepsi. Setelah melahirkan, hormon akan kembali normal, begitu juga rasa dan bau. Beberapa wanita hamil bahkan melaporkan rasa logam di mulut mereka.

    Kekurangan gizi:

    Wanita hamil disebut-sebut membutuhkan gizi yang banyak selama masa kehamilan. Masalahnya adalah tidak ada hubungan yang jelas antara ngidam dan nutrisi yang dibutuhkan. Contohnya zat besi adalah salah satu yang paling membingungkan. Es krim adalah salah satu makanan yang sering diidamkan wanita hamil yang kekurangan zat besi, meskipun es tidak mengandung zat besi. Pada beberapa wanita hamil bahkan mengalami pica, sebuah gangguan yang menyebabkan mereka sangat menginginkan memakan barang-barang non-makanan seperti kotoran atau deterjen. Sekali lagi, seperti halnya es, barang-barang tersebut tidak mengandung zat besi.

    Makanan Comfort:

    Saat hamil wanita biasanya mengidamkan makanan-makanan favorit mereka saat kecil. Jadi tergantung preferensi dan latar belakang masing-masing wanita. Ada yang tiba-tiba menyukai makaroni dan keju untuk sup, dan lain-lain.

    Kesehatan:

    Beberapa perubahan dalam diet saat hamil kemungkinan untuk menghindari rasa mual di pagi hari. Secara umum, wanita hamil enggan minum kopi, teh dan alkohol meskipun mereka menikmati minuman-minuman tersebut sebelum hamil.

    Kehamilan dan mengidam memang cenderung berjalan seiring. Wanita hamil cenderung mengidamkan makanan tertentu seperti asinan atau es krim rasa tertentu. Barangkali yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah bahwa jika tubuh kita menginginkan sesuatu maka sesuatu itu harusnya memang adalah hal yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan.

    Mengidam adalah salah satu gejala yang dialami wanita saat proses kehamilan.Proses kehamilan dimulai dari saat pembuahan sampai kelahiran terjadi. Wanita yang mengidamkan buah dan sayuran rasa tertentu bisa jadi reaksi alami tubuh yang meminta zat-zat yang terkandung dalam buah dan sayuran tersebut.


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mengapa Wanita Hamil Bisa Ngidam ? Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015