728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Saturday, 23 May 2015

    Gandeng TNI Tekan Angka Kelahiran, BKKBN Punya Tambahan Penyuluh KB



    CATATAN HABRIAH, Deli Serdang -- Dalam menggalakkan program KB, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bermitra dengan TNI. Pihak BKKBN pun memiliki alasan tersendiri mengapa TNI dipilih sebagai salah satu mitranya. Hal ini dilakukan sebagai upaya menekan jumlah angka kelahiran.


    Plt Kepala BKKBN Ir Ambar Rahayu menuturkan kegiatan pencanaangan bulan bakti KB-Kes dengan TNI memang sudah ada di tingkat nasional dan provinsi. Dengan adanya peran TNI, diharapkan masyarakat bisa menyatu melakukan penyuluhan, penggerakan, dan memotivasi keluarga di Indonesia tidak hanya menjadi peserta tetapi juga berpartisipasi dalam kegiatan pemberdayaan keluarga.



    "Kenapa TNI? Saat ini kan BKKBN sistemnya desentralisasi di kabupaten/kota sehingga petugas KB yang awalnya 40 ribuan jadi tinggal 17 ribuan. Tidak mungkin 1 petugas lapangan KB (PLKB) menampung satu desa. Jadi, kita gandeng Babinsa sebagai penyuluh," kata Ambar di Lapangan Beringin Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, dan ditulis pada Sabtu (23/5/2015).


    Apalagi, lanjut Ambar, jumlah peserta laki-laki, termasuk di dalamnya yang ber-KB melalui vasektomi maupun menggunakan kondom tidah lebih dari 4% dan tingak Medis Operasi Pria di bawah 2%. Sehingga, dapat dikatakan program KB 96% dilakukan wanita. Tetapi, ditekankan Ambar pria tetap punya tanggung jawab mendorong serta mendukung istri melakukan program KB.


    "Meski kerja sama dengan TNI ini bukan yang pertama kali, saya berharap makin banyak peserta KB dan kegiatan pemberdyaaan masyarakat yang dipelopori oleh pihak TNI," ujar Ambar.



    Selain dengan TNI, BKKBN juga bekerja sama dengan jajaran kementerian lain, kemudian Polri juga BNN. Dengan bermitra dengan berbagai instansi, diharapkan pelayanan KB bisa lebih berkualitas dengan meningkatnya jumlah pengguna kontrasepsi jangka panjang. Kebudian, agar peserta KB menjadi peserta tetap yang lestari sehingga pembangunan keluarga bisa optimal. Begitu pula agar remaja bisa memiliki rencana sebelum berkeluarga.



    Hadir dalam kesempatan yang sama, Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko menuturkan TNI akan mendukung program-program yang dicanangkan BKKBN. Salah satunya dengan mendayagunakan Babinsa untuk membantu petugas lapangan KB yang terbatas.



    "Kami akan terus membantu. Yang sederhana saja, TNI memberi contoh pada masyarakat untuk memiliki anak dua orang saja cukup," kata Moeldoko. (detik.health)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gandeng TNI Tekan Angka Kelahiran, BKKBN Punya Tambahan Penyuluh KB Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015