728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Friday, 8 May 2015

    Hindari Kebiasaan Memberi Penghargaan Makanan pada Anak


    CATATAN HABRIAH - Cobalah untuk menghindari pemberian hadiah atau apresiasi untuk anak dalam bentuk makanan. Pasalnya, dalam penelitian yang telah dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition, menyatakan bahwa memberikan makanan sebagai bentuk penghargaan justru akan membuat anak makan berlebih. Sehingga, di masa mendatang, ketika sang anak merasa sedih atau tertekan, ia akan cenderung melakukan hal perlarian dengan cara mengonsumsi makanan.
    Penelitian mencatat, bahwa sebenarnya mengonsumsi makanan akibat stres adalah sikap yang tak alami. Karena harusnya stres dan gangguan emosional justru menurunkan selera makan, bukan meningkatkan selera makan. Jadi ketika seorang anak sedang sedih atau stres, kemudian makan berlebih, salah satu faktor penyebabnya adalah kebiasaan yang dilakukan orangtua. Bisa jadi, sudah sejak lama orangtua membiasakan untuk memberi hadiah atau penghargaan dalam bentuk makanan pada anak.
    Hasil penelitian ini didapat dari percobaan terhadap dua kelompok anak-anak yang diminta mewarnai sebuah gambar dan dijanjikan hadiah apabila sudah selesai dikerjakan. Dalam satu kelompok, satu warna pada krayon disembunyikan hingga akhirnya anak-anak tak dapat menyelesaikan tugasnya dan merasa tertekan. Dalam kondisi stres ini, anak-anak dalam kelompok tersebut lebih banyak yang memiliki kecenderungan mencari makanan ringan ketimbang kelompok lainnya.
    Lebih lanjutnya, efek yang sama juga didapat dari anak yang terlalu dikontrol pola makannya oleh orangtua. Menurut para peneliti, hal ini terjadi lantaran adanya kebiasaan mengontrol pola makan secara ketat, yang juga ternyata dapat meningkatkan rasa lapar alami pada anak-anak.
    (time.com/kompas)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hindari Kebiasaan Memberi Penghargaan Makanan pada Anak Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015