728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Sunday 31 May 2015

    Ingin Punya Anak Cerdas? Begini Caranya!


    CATATAN HABRIAH, Jakarta - Anak menjadi cerdas bukan hanya disebabkan oleh faktor genetik, tapi juga didorong faktor nutrisi dan stimulus.


    Dokter spesialis kandungan Dr dr Ali Sungkar mengatakan perkembangan otak si kecil dimulai saat berada di dalam kandungan.



    "Dalam empat minggu pertama, yakni 28 hari, tabung sel otak selesai terbentuk, sehingga nutrisi dibutuhkan," ujarnya di Jakarta, Sabtu, 30 Mei 2015.



    Otak merupakan bagian yang tidak pernah berhenti berkembang. Pada waktu lahir, anak belum memiliki otak yang sempurna, yakni baru mencapai 50 persen. Karena itu, sang ibu bersama dokter anak bertanggung jawab memberikan stimulus dan mengembangkan otak si kecil.



    "Kalau ortunya nyusuin sambil nonton sinetron dan membalas pesan elektronik tanpa mengajak ngobrol si anak atau tidak mengajak main, otak anak tidak berkembang," kata Ali.



    Otak anak akan berkembang hingga kurang-lebih 80% pada umur dua-tiga tahun. Pada masa itulah bahasa bisa diajarkan kepada anak. Namun perkembangan otak anak ini dapat menurun dari 50 persen saat dia lahir apabila tidak diberi stimulus.



    "Kalau anak tidak diberi stimulus, latihan intelektual, dan bahasa, bisa saja dari 50 persen perkembangam otak anak pada saat lahir itu menurun. Karena itu, dokter anak juga perlu mempersiapkan sang ibu untuk memberikan stimulus saat bayi lahir. Karena 50 persen otak telah berkembang. Sisanya tanggung jawab orang tua untuk memberikan stimulus," ucap Ali.



    Dokter spesialis anak tumbuh kembang D. dr Soedjatmiko, Sp.A(K), M.Si menambahkan, ketiga faktor, yakni genetik, stimulus, dan nutrisi sama-sama penting bagi perkembangan otak.



    "Lebih baik anak diberi stimulasi dan nutrisi yang cukup walaupun potensi (genetik) rendah dibanding potensinya besar tapi stimulasi dan nutrisinya kurang, karena memperlambat perkembangan otak," ucapnya.



    Karena itu, dibutuhkan peran ayah dan ibu untuk memberikan nutrisi dan stimulus bagi buah hati sejak di dalam kandungan.



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ingin Punya Anak Cerdas? Begini Caranya! Rating: 5 Reviewed By: Unknown

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015