728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Wednesday, 27 May 2015

    Kurang Iodium Bisa Turunkan Daya Pikir


    CATATAN HABRIAH, Jakarta - Selain terjadi pada anak-anak, masalah hipotiroid atau kekurangan homon tiroid juga banyak terjadi pada orang dewasa. Tanda yang paling sering ditemukan adalah timbulnya gondok endemik di area leher, yang bisa menyebabkan turunnya daya pikir.
    Ketua Perkumpulan Endokrinologi (Perkeni), Ahmad Rudijanto mengatakan, kasus hipotiroid pada orang dewasa paling banyak disebabkan oleh kurangnya asupan iodium. Sejak tiga dekade lalu, pemerintah secara intensif telah melakukan implementasi kebijakan iodium garam.
    “Kekurangan iodium dapat menyebabkan pembesaran pada kelenjar gondok. Gejala lainnya, seperti turunnya daya pikir, lemah, sesak, dan perut membesar,” ungkap Ahmad, di acara Pekan Peduli Tiroid di Jakarta, Selasa (26/5).
    Bila dibiarkan, gondok tersebut lama-kelamaan bisa mengeras, sehingga harus diangkat dengan jalan operasi. Bahkan pada beberapa kasus bisa berkembang menjadi tumor yang ganas.
    “Agar tak kekurangan iodium, masyarakat perlu mencukupi kebutuhan iodiumnya melalui garam beriodium dan mengonsumsi ikan laut,” tambah Rudi. (beritasatu)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kurang Iodium Bisa Turunkan Daya Pikir Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015