728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Saturday, 23 May 2015

    Risiko Buruk Anak Kecil yang Akrab Teknologi Layar Sentuh


    CATATAN HABRIAH -- Jaman sekarang,  tidak sedikit anak kecil yang sudah demikian akrab dan mahir memakai perangkat layar sentuh seperti telepon pintar (smartphone), tablet, laptop, dan sebagainya. Namun,  apakah mereka tahu bahaya teknologi tersebut?
    Ahli terapi dari Maryland, Amerika Serikat, mengingatkan, penggunaan layar sentuh dalam waktu lama oleh seorang anak dapat melemahkan otot tangan anak tersebut.
    Hal inilah yang membuat banyak anak mengalami keterlambatan pertumbuhan otot atau kelemahan otot di beberapa bagian.
    Ahli dari The American Academy of Pediatri, menyampaikan, seorang anak tidak boleh menggunakan layar sentuh lebih dari dua jam setiap harinya.
    Bahkan mereka juga mengatakan bahwa anak yang masih berusia kurang dari dua tahun sebenarnya sama sekali tidak boleh menggunakan berbagai perangkat layar sentuh tersebut.
    Selain itu, di Inggris pun para ahli telah memperingatkan bahwa penggunaan berbagai perangkat elektronik seperti komputer, alat video game, dan smartphone merupakan suatu bom waktu bagi kesehatan anak karena dapat menimbulkan rasa sakit pada leher dan punggungnya.
    Hasil penelitian, tiga dari empat anak SD dan 2 dari 3 orang anak SMP/SMU dilaporkan menderita nyeri leher dan nyeri punggung akibat penggunaan berbagai alat elektronik dengan layar sentuh dalam waktu lama.
    Seorang fisioterapis mengatakan bahwa gaya hidup modern dan kemajuan teknologi membawa efek yang sangat buruk bagi kesehatan anak, yang jika tidak segera ditanggulangi akan memberikan efek yang sangat besar bagi generasi mendatang. (dokter.id/tribuntimur)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Risiko Buruk Anak Kecil yang Akrab Teknologi Layar Sentuh Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015