728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Saturday, 16 May 2015

    Soal Isi Popok Bayi


    CATATAN HABRIAH - Sebagai orang tua, kita menghabiskan lebih banyak waktu –daripada yang kita bayangkan — untuk mengenal feses anak-anak. Jadi, berikut adalah panduan untuk segala yang selalu Anda pertanyakan, tapi mungkin takut diutarakan. Anda bisa memakai pengetahuan baru Anda untuk membuat pasangan maupun para ibu di playgroup merasa takjub, serta mengejutkan teman-teman Anda yang belum punya anak.
    Seperti Apakah yang Normal?
    Sekalipun ada panduan umum berdasarkan usia, setiap anak ternyata berbeda. “Yang dianggap normal untuk seorang anak, mungkin tidak demikian untuk anak yang lain,” kata Benjamin D. Gold, MD, profesor dan kepala divisi gastroenterologi, hepatologi, dan gizi anak di Emory University School of Medicine, Atlanta.
    BAYI YANG BARU LAHIR (0-4 BULAN)
    Seberapa sering: Sekitar empat kali sehari. Karena ASI sangat mudah dicerna, maka bayi yang diberi ASI akan BAB tiap kali setelah menyusu. Karena mereka memakai semua gizi untuk tumbuh, sejumlah bayi yang masih diberi ASI mungkin tidak BAB selama seminggu penuh. Namun, berkonsultasilah dengan dokter anak jika pola BAB anak Anda berubah secara signifikan.
    Fakta: BAB pertama (disebut meconium) berwarna hitam, lengket seperti ter, dan feses itu mengandung segala macam yang bayi telan seperti cairan amniotik dan sel kulit mati. Bayi yang diberi ASI memiliki BAB yang berwarna kuning seperti mustard, sementara bayi yang sudah mengonsumsi susu formula memunyai BAB yang berwarna hijau dan kental.
    BAYI (4-12 BULAN)
    Seberapa sering: Tiga kali sehari.
    Fakta: Karena bayi Anda makan lebih banyak makan-makanan padat, BAB-nya akan menjadi lebih kental, lebih bau. Ini semua “berkat” kerja cairan pencernaannya. Anda mungkin akan menemukan bahwa tempat pembuangan popok Anda yang cantik itu tidak bisa menghalangi bau yang keluar.
    BATITA (1-3 TAHUN)
    Seberapa sering: Dua hari sekali
    Fakta: Batita adalah pengonsumsi makanan yang tidak bisa diprediksi sehingga pola buang air mereka juga bervariasi. “Selama anak Anda makan dengan baik dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit, maka hal ini tak perlu dikhawatirkan,” kata Jennifer Shu, MD, penasihat Parents.
    BALITA DAN ANAK USIA SEKOLAH (3 TAHUN DAN LEBIH)
    Seberapa sering: Sekali sehari
    Fakta: Saat anak Anda dilatih untuk menggunakan toilet, ada satu pelajaran penting yang bisa Anda ajarkan: “Saat kamu mau buang air, segeralah buang air!” kata Dr. Gold. Untuk menghindari sembelit, Anda harus mengingatkan anak Anda yang sedang sibuk untuk pergi ke toilet.  
    (parentsindonesia)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Soal Isi Popok Bayi Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015