728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Thursday, 18 June 2015

    135.412 PUS di Karanganyar Ikut KB


    CATATAN HABRIAH, KARANGANYAR – Seluruh puskesmas di Karanganyar diminta menyosialisasikan program Keluarga Berencana (KB) kepada masyarakat di wilayahnya. Sebab jika program KB sukses, akan berdampak positif pada kualitas keluarga, pendidikan dan sumber daya manusia (SDM).
    Di Karanganyar, sebanyak 80 persen pasangan usia subur (PUS) saat ini sudah mengikuti KB. Secara angka, jumlah peserta program KB aktif sebanyak 135.412 pasangan, dari 168.081 PUS yang ada.
    Bupati Juliyatmono berharap, agar metode KB yang ada saat ini, terus disosialisasikan kepada masyarakat. “Puskesmas perlu terus menyosialisasikan hal ini. Termasuk mengingatkan tentang pengendalian angka kelahiran. Tujuannya, tentu agar kualitas keluarga, pendidikan dan SDM di Karanganyar semakin bagus,” jelasnya.
    Ditegaskannya, puskesmas harus melayani pasien KB, maupun pasangan baru yang akan mengikuti KB dengan maksimal. Bahkan soal biayanya, dia menegaskan, akan dicukupi dari APBD. “Pemkab juga akan mengapresiasi PUS  yang secara sadar mengikuti KB. Antara lain dengan menyertakannya dalam pelatihan usaha mandiri,” tandasnya.
    Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Karanganyar Ani Indri Hastuti menjelaskan, dari 135.412 PUS yang mengikuti KB, mayoritas menggunakan metode kontrasepsi hormonal.
    “Yang memakai metode hormonal sebanyak 97.841 pasangan. Sementara yang memakai kontrasepsi nonhormonal sebanyak 37.571 pasangan,” jelasnya.
    (Irfan Salafudin / CN26 / SM Network)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 135.412 PUS di Karanganyar Ikut KB Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015