728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Friday, 19 June 2015

    Gresik Berikan Layanan Gratis, SMS Gateway, Untuk Menolong Ibu Hamil

    CATATAN HABRIAH, GRESIK - Berusaha memberikan pertolongan terhadap para ibu hamil yang memiliki riwayat kehamilan yang kurang sehat, Gresik buatkan program SMS gateway. Bila di luarnegeri ada telepon darurat 911, di gresik ada SMS gateway diperuntukkan khusus untuk para ibu hamil.
    Informasi ini disampaikan oleh Direktur LSM Pattiro (Pusat Telaah dan Informasi Regional), Idham Cholid, pada selasa 16 Juni 2015. Cholid menjelaskan jika program yang dikerjakan oleh LSM Pattiro merupakan sebuah program yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan kota Gresik.
    Program yang diberi nama “SMS Gateway” merupakan sebuah program yang bertujuan membantu menjaga keselamatan ibu hamil yang terindikasi memiliki resiko tinggi (Bumilristi).
    Program tersebut telah dilaksanakan di KBPP (Kantor keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan), Jl Dr Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Gresik. Dalam pelaksanaannya mengikutsertakan Bidan Desa, pegawai Puskesmas, kader kesehatan beserta Forum Rumah Sakit yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Gresik.
    Cholid mengatakan jika mereka berharap layanan masyarakat di bidang kesehatan ini bisa membantu menyelematkan ibu hamil yang memiliki riwayat kehamilan yang mengkhawatirkan.
    Segala terobosan ini juga berdasarkan data Dinas Kesehatan Gresik yang mencatat ada kasus kematian ibu hamil pada tahun 2014 yang berjumlah hingga 23 orang. Sedangkan untuk periode tahun 2015 ini, tercatat ada sekitar 9 ibu hamil yang juga harus meregang nyawa.
    Berdasarkan fakta inilah LSM Pattiro mencoba membuat sebuah program layanan masyarakat untuk menolong para ibu hamil yang memiliki riwayat kesehatan kurang baik.
    Nantinya pihak – pihak yang diberikan tugas untuk melaksanakan program SMS gateway ini akan melakukan pendataan terhadap ibu hamil resiko tinggi, juga akan memeriksa kesehatannya, lantas hal apa yang harus dilakukan setelah melahirkan, hingga melakukan penanganan terhadap ibu hamil yang sehat hingga ibu hamil yang terindikasi memiliki kesehatan kurang baik.
    Sedangkan cara memanfaatkan program tersebut sangatlah mudah. Para ibu hamil atau keluarganya langsung bisa memencet nomer para petugas layanan SMS gateway yang sudah disosialisasikan. Sehingga bila ada sms masuk dari salah seorang ibu hamil, pihak operator puskesmas atau rumah sakit akan langsung memberikan respon. (Indowarta )
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gresik Berikan Layanan Gratis, SMS Gateway, Untuk Menolong Ibu Hamil Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015