728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Sunday, 14 June 2015

    Kepala BKKBN: Warga Banyuasin, Kita Sukseskan Program KB

    BUPATI BANYUASIN DAN DAN ISTRI

    CATATAN HABRIAH -- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengajak pemerintah kabupaten/kota menggaungkan kembali program KB.

         
    Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, mengatakan, peran serta pemerintah kabupaten/kota sangat vital menyukseskan Program KB. Karena merka ujung tombak pelaksana kebijakan Pusat.
         
    "Sesuai agenda kelima Nawacita, meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Program KB menjadi faktor pendukung, untuk menekan jumlah penduduk. Karena itu dibutuhkan komitmen dari pemerintah di tingkat kabupaten/kota untuk mewujudkannya," ungkapnya.
         
    Untuk itu, BKKBN memiliki dua tugas utama yakni pembangunan kesehatan dan revolusi mental. Dalam revolusi mental, pihaknya bertugas mendorong keluarga untuk melahirkan manusia yang berintergritas, mau keberja keras dan bergotong royong.
         
    "Sehingga diharapkan, setiap keluarga bisa menjabarkan lima sila Pancasila dalam keluarga dan kehidupan sehari-hari. Agar mereka sadar akan kedudukannya, siapa dirinya dan mau kemana tujuannnya dalam berkehidupan," lanjut mantan anggota DPR RI ini.



    Dia mengakui, saat ini BKKBN masih kekurangan petugas lapangan KB. Karena banyak petugas yang beralih menduduki fungsi dan jabatan lain. Idealnya, rasio petugas KB yakni satu orang petugas mengawasi dua hingga tiga desa.



    "Tapu pada kenyataannya ada satu petugas KB, yang membawahi lima hingga 10 desa. Tentunya hal ini berdampak pada pengoptimalan program KB, sedangkan petugas dilapangan menjadi ujung tombak kita," jelasnya.



    Lebih jauh dijelaskannya, pihaknya sangat mendukung upaya yang telah dilakukan Pemprov Sumsel, dengan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub), yang isinya meminta agar pemerintah kabupaten/kota dapat mengangkat tenaga kerja sukarela menjadi petugas lapangan KB non-PNS.



    "Tahun 2015 ini, Pemerintah Pusat telah menganggarkan dana alokasi khusus (DAK) untuk mendukung program kepedudukan keluarga berencana, sebesar Rp569 miliar untuk 441 kabupaten/kota di Indonesia yang terpilih. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan tahun 2014 lalu, yakni sebesar Rp462 Miliar," bebernya.



    Meningkatnya dana DAK ini, memperlihatkan tingginya  komitmen pemerintah untuk menghidupkan kembali program KB yang telah meredup sejak tahun 2002.
         
    Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian mengatakan, siap mendukung program BKKBN dengan mengalokasikan dana APBD untuk penambahan jumlah petugas lapangan KB.
         
    "Kita tentunya sangat mendukung program pemerintah, terkait program KB dua anak cukup. Dengan adanya perencanaan, maka diharapkan masa depan keluarga dapat lebih terjamin,". terangnya. (rmol)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kepala BKKBN: Warga Banyuasin, Kita Sukseskan Program KB Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015