728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Wednesday, 10 June 2015

    Spektakuler, Puncak Peringatan Harganas XXII Jabar 2015


    CATATAN HABRIAH, BOGOR -- Gebyar puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXII tahun 2015 tingkat Provinsi Jawa Barat di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Senin pagi 8 Juni 2015, benar-benar meriah. Dihadiri ribuan masyarakat dan pengelola program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (KKBPK) se-Jawa Barat, hajat tahunan ini berhasil menyajikan tontotan spektakuler. Tidak kurang dari seribu orang terlibat dalam rangkaian kegiatan berupa upacara adat, pertunjukkan tari kolosal, dan performa khusus teatrikal.
    Tetamu pun berdecak kagum menyaksikan pertunjukkan budaya tersebut. Tampak hadir Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapati, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Bupati Bogor Nurhayati, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Prasetiyani Heryawan, Sekretaris Utama BKKBN Ambar Rahayu, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) BKKBN Sudibyo Alimoeso, Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN Wendy Hartanto, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Sugilar, Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi, dan sebagian besar pengelola program KKBPK se-Jawa Barat.
    Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi yang juga ketua panitia perhelatan tersebut menjelaskan, peringatan Harganas XXII mengusung tujuan besar membangkitkan kembali program keluarga berencana (KB) di Jawa Barat. Terlebih saat ini Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk paling jumbo di Indonesia. Karena itu, Gedung Sate sangatconcern pada upaya-upaya pengendalian penduduk yang pada akhirnya mempu meningkatkan ketahanan keluarga di Jawa Barat. Harganas juga bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat Jawa Barat untuk bersama-sama mewujudkan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera.
    Hadadi menjelaskan, peringatan Harganas XXII beriringan dengan Hari Jadi ke-533 Tahun Kabupaten Bogor. “Perlu kami laporkan, peringatan Harganas XXII ini memiliki 14 rangkaian kegiatan. Antara lain, peluncuran Pendataan Keluarga 2015, pencanangan Bakti TNI-KB-Kesehatan di Korem 063, peresmian Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) hasil kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), Roadshow KIE Jabar Ngahiji, lomba poster, jalan sehat, talkshow, seminar, peninjauan kampung KKB di Keluarahan Tengah, Cibinomg, temu kader, dan pemberian pengargaan kepada pengelola program KKBPK terbaik di Jawa Barat,” Hadadi melaporkan.
    Spirit pembangunan dan ketahan keluarga tersebut tampak sangat melekat dalam serangkaian pertunjukkan. Tarian kolosal dari Sanggar Tari Dewi Ratih misalnya, di dalamnya menampilkan tarian bernuansa keluarga. Pun dengan aksi teatrikal persembahan Ega Robot Percussion yang menyuguhkan perjalanan sebuah keluarga dan masyarakat. Di sana digambarkan bagaimana anak-anak remaja yang sepi dari peran keluarga sangat mudah terombang-ambing sampai akhirnya terjerumus dalam kubangan masalah-masalah sosial. Sebut saja misalnya pergaulan bebas, narkoba, HIV/AIDS, prostitusi dalam beragam bentuk, dan lain-lain.
    Di ending pertunjukkan, disajikan penggambaran rumah tangga yang ditopang oleh delapan fungsi keluarga. Bangunan rumah sederhana yang hanya terdiri atas satu pintu dan dua jendela dengan latar belakang putih tersebut berhasil menghadirkan harmoni sebuah keluarga. Pesan kebangsaan pun tak luput dari pertunjukkan spektakuler selama lebih kurang dari 30 menit tersebut.
    Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua TP PKK Jawa Barat Netty Heryawan menyerukan agar segenap pemangku kepentingan bersepakat bahwa keluarga merupakan unit terkecil dalam sebuah masyarakat yang dapat membentuk karakter generasi bangsa. Keluarga yang awalnya ruang privat kini menjadi ruang publik dengan permasalahan sosial yang ada.
    “Jika berbicara keluarga, maka seluruh stake holder harus bekerjasama untuk melakukan sinkronisasi dan harmonisasi baik dalam kebijakan maupun tataran plementasi,” lanjut Netty.
    Netty memandang pentingnya ketahanan keluarga untuk menghindari musuh dalam keluarga antara lain pornografi,  human traffiking,  narkoba dan HIV/Aids.  Namun tidak dipungkiri juga pergeseran nilai dan perubahan tatanan kehidupan dimasyarakat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi.
    “Kita harus dapat bergerak bersama dengan melakukan gerakan penyadaran masif di masyarakat dalam menyelenggarakan good parenting, menyiapkan secara fisik dan psikologis bagi orangtua muda, merevitaslisasi delapan fungsi keluarga dan mengingatkan peran laki-laki sebagai ayah dalam keluarga,” pungkas Netty.
    Di tempat yang sama, Kepala BKKBN Pusat Surya Chandra Surapati menegaskan, keluarga merupakan pilar utama dalam pembangunan dan kesejahteraan bangsa. Harganas merupakan momentum upaya membangun bangsa mewujudkan Indonesia sejahtera. Sebagai mitra kerja stake holder BKKBN meliputi jajaran TNI, Polri, dan PKK.
    Di lain pihak, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar mengatakan kegiatan Harganas XXII ini sebagai wujud untuk meningkatkan motivasi pemangku kepentingan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Lingkungan sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter keluarga dalam menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.(duaanak)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Spektakuler, Puncak Peringatan Harganas XXII Jabar 2015 Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015