728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Wednesday, 26 February 2014

    Sejarah KB?


    Ngomong-ngomong soal KB, sudah sering mendengarnya, kan? Tapi anda tau nggak bagaimana asal mula adanya KB di Indonesia? Dan kapan KB mulai dicanangkan?
    Sebelum kita membahas tentang sejarah KB di Indonesia, ada baiknya kita melihat dulu sejarah KB di dunia, ya.

    Pada mulanya, program Keluarga Berencana di dunia timbul karena keprihatinan sekelompok orang terhadap kesehatan ibu di Inggris. Setelah itu, kesadaran untuk mengatur kehamilan dan kelahiran mulai tumbuh dan berkembang.

    Seperti dikutip dari bali.bkkbn.go.id , di Amerika Serikat, KB modern mulai diperkenalkan oleh Margareth Sanger. Pada tahun 1952, dia meresmikan berdirinya International Planned Parenthood Federation (IPPF). Sejak saat itu, perkumpulan-perkumpulan Keluarga Berencana mulai didirikan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, yang termasuk cabang IPPF tersebut.

    Sedangkan di Indonesia, seperti dijelaskan jurnalbidandiah.blogspot.com, perkembangan KB dimulai pada akhir 1960-an. Pada februari 1967, kongres PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) pertama diadakan dengan tujuan agar program KB segera direalisasikan oleh pemerintah.

    Selanjutnya, pada April 1967, Gubernur Jakarta, Ali Sadikin, mulai mencanangkan KB secara resmi di Jakarta raya. Pada Oktober 1968, LKBN (Lembaga Keluarga Berencana Nasional) resmi didirikan.

    Ladies, program KB mulai benar-benar direalisasikan pada tahun 1970-an, namun partisipasi masyarakat masih sangat rendah dan pemerintah terkesan memaksa. Pada 1980-an, pemaksaan mulai dikurangi dan program safari KB dimulai.

    Pada tahun 1988, terjadi perkembangan kebijakan dari pemerintah, dimana masyarakat mulai membayar sendiri untuk kontrasepsinya dan bebas memilih asalkan sudah terdaftar di Departemen Kesehatan. Mulai awal 1990-an hingga sekarang, program KB terus dikembangkan dan mulai mendapat respon positif dari masyarakat.

    Itulah sejarah singkat KB. Semoga bermanfaat!

    Sumber : Vemale
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sejarah KB? Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015