728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Wednesday 29 April 2015

    BKKBN Kaltim Gelar Pemilihan Duta Mahasiswa Genre

    Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional(BKKBN) Provinsi Kalimantan Timur, menggelar lomba Duta Mahasiswa Generasi Berencana (GenRe) tingkat Provinsi Kaltim.


    "Pemilihan duta mahasiswa ini diharapkan menjadi figur atau contoh bagi para remaja lainnya agar menjadi generasi berencana (Genre) dan terhindar dari Triad KRR atau tiga yang menyangkut Kesehatan Reproduksi Remaja yakni seks bebas, Narkoba dan HIV/AIDS,” kata Kepala BKKBN Kaltim, Yenrizal Makmur usai membuka lomba di Mall Plaza Mulia Samarinda, Selasa (28/4).

    Selain itu para remaja diharapkan mampu menunda usia perkawinanya di usia muda , dengan mempersiapkan segalanya atau dengan merencanakan perkawinan dengan matang . Melalui program Genre para remaja mendapatkan pengetahuan tentang berkeluarga sehingga nantinya bisa merencanakan kapan memiliki anak, mengatur jarak kelahiran serta berapa jumlah anak yang ideal.

    Yenrizal menjelaskan melalui lomba duta mahasiswa Genre pesan yang ingin disampaikan kepada para remaja adalah bagaimana menghindari seks bebas, Narkoba dan tertular HIV/AIDS. Menjadikan genarasi muda yang bersih memiliki masa depan terencana.

    “Tapi sebaliknya jika generasi kita terjeurmus dalam pergaulan bebas, Narkoba dan HIV AIDS maka kehidupannya akan hancur, kaena generasi muda adalah harapan bangsa, mari kita selamatkan generasi kita dari kehancuran,” katanya.

    Menurutnya selama ini BKKBN Kaltim terus memberikan pemahaman kepada para remaja baik disekolah maupun kampus dengan membentuk Pusat Informasi dan Konseling (PIK), sebagai wadah sesama remaja mengungkapkan persoalan yang dihadapinya.

    Ia menambahkan biasanya para remaja akan lebih terbuka menyampaikan persoallnya kepada teman sebayanya ketimbang kepada para orang tua. Untuk itu BKKBN Kaltim setiap tahunnya memberikan pelatihan dan keterampilan kepada para anggota PIK untuk menambah wawasan dan pengetahuan khusunya mengenai remaja.

    Dikemukakan Yenrizal Makmur di Provinsi Kaltim telah terbentuk sebanyak 316 PIK remaja maupun mahasiswa, yang sudah dilatih sebanyak 932 orang yang berasal dari kabupten dan kota se Provinsi Kaltim dan Kaltara.

    Terkait lomba Duta Mahasiswa Genre yang digelar tingkat Provinsi ini diikuti sebanyak delapan pasangan yakni dari Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur , Kabupaten Berau,Paser, Nunukan dan Kota Samarinda, Balikpapan serta Bontang.

    “Bagi pemenang lomba akan diikutsertakan lomba serupa tingkat Nasional di Jakarta yang akan berlangsung pada Bulan Mei 2015,” katanya. (antarakaltim)

    Sementara itu Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak yang diwakili Asisten III Bidang kesejahteraan , Bere Ali memberikan apresiasi kegiatan yang digelar BKKBN Kaltim.

    “Makna yang penting dari kegiatan ini adalah kegiatan yang positif dan bagaimana para remaja terhindar dari Triad KRR yakni seks bebas, Narkoba dan HIV/AIIDS . Apalagi di Provinsi Kaltim termasuk peringkat tiga penyalahgunaan Narkotika,” katanya.

    Menurutnya Triad KRR adalah tiga persoalan yang besar bagi remaja, apalagi jumlah remaja cukup besar yakni 30 persen dari jumlah penduduk. Sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah menjadikan generasi yang berkualitas.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BKKBN Kaltim Gelar Pemilihan Duta Mahasiswa Genre Rating: 5 Reviewed By: Unknown

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015