728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Thursday, 21 May 2015

    Angka Kasus Balita Pendek dan Kematian Ibu di Indonesia Masih Tinggi



    CATATAN HABRIAH -- Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim menilai Indonesia masih diselimuti permasalahan penderita balita pendek dan tingginya angka kematian ibu. Berkaca pada hal tersebut, Bank Dunia berkeinginan untuk membantu pengentasan kemiskinan guna menekan angka tersebut.


    "Dua masalah besar terkait kesehatan di Indonesia yaitu balita pendek (stunting) dan kematian ibu saat persalinan," ujar Jim dalam acara dialog dengan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim tentang Meningkatkan Harapan dan Kesejahteraan di Asia Timur, di Kampus UI Salemba,Jakarta Pusat, kemarin.



    Jim menilai, sebanyak 37 persen anak di Indonesia mengalami 'stunting' dan angka mortalitas ibu mencapai 190 dari 100.000 kelahiran hidup. "Stunting (balita pendek) tidak hanya mengganggu pertumbuhan anak-anak, tetapi juga merusak kapasitas otak," tuturnya.



    Jim menambahkan, dia seakan tidak percaya jika Indonesia yang notabene penduduknya sudah berstatus pendapatan menengah masih terbelenggu oleh kedua permasalahan tersebut.



    "Indonesia berhasil sedikit menurunkan angka kematian ibu ini, tapi angkanya masih terlalu tinggi jika dilihat dari status ekonomi Indonesia. Apalagi sesungguhanya perempuan Indonesia mempunyai akses ke pelayanan kesehatan kandungan menyeluruh. Kami sangat ingin membawa pengetahuan global yang kami miliki demi mencari solusi agar Indonesia bisa cepat mengurangi kasus 'stunting' dan kematian ibu," jelasnya.



    Meski demikian, Jim tak menampik jika permasalahan balita pendek dan kematian ibu saat persalinan tidak bisa diselesaikan secara menyeluruh lantaran bakal memakan biaya yang tinggi.



    "Anak-anak itu dan negara ini akan membayar biaya yang sangat mahal untuk situasi yang sesungguhnya bisa dicegah. Ini bisa dihindari," tandasnya. merdeka.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Angka Kasus Balita Pendek dan Kematian Ibu di Indonesia Masih Tinggi Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015