728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Monday, 25 May 2015

    Diperkirakan turun, penduduk Indonesia justru bertambah 1,49 persen



    CATATAN HABRIAH, Mamuju, SulBar -- Laju pertumbuhan penduduk nasional secara nasional dalam rentang 10 tahun terakhir memperlihatkan peningkatan sekitar 30 hingga 35 juta jiwa atau sekitar 1,49 persen.

    "Laju pertumbuhan penduduk nasional ini tercermin dari hasil Survei Penduduk 2010," kata pejabat teras Sulawesi Barat, Nur Alam Tahir, dalam menyampaikan sambutannya pada acara Rapat kerja Daerah Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), di salah satu hotel di Mamuju, Minggu.

    Semula pemerintah memprediksi akan turun, namun justru laju penduduk ini meningkat sekitar 1,49 persen, katanya.

    Tahir menyampaikan, kondisi ini harus segera diredam agar laju kependudukan bisa tertangani secara baik. Sebab, jika laju penduduk semakin meningkat maka ancaman ketahanan ekonomi, ketahanan pangan akan menjadi rawan.


    Banyak ahli dunia menyatakan, pada masa depan yang menjadi rebutan semua bangsa adalah makanan dan sumber air bersih serta ruang untuk memenuhi keperluan penduduk yang makin bertambah

    Bukan cuma jumlah penduduk yang penting, namun di balik itu justru kualitas penduduklah yang utama. 

    BKKBN dengan Program KB-nya pernah menjadi salah satu fokus pemerintahan Orde Baru yang terbukti berhasil. Orde Baru dengan Trilogi Pembangunan-nya, yaitu stabilitas nasional, pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan pembangunan, menempatkan KB pada posisi penting. 

    Pada masa-masa itu, keberhasilan Program KB Indonesia menjadi model yang ditiru banyak negara. (antara)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Diperkirakan turun, penduduk Indonesia justru bertambah 1,49 persen Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015