728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Tuesday 26 May 2015

    Surya Chandra Surapaty Dilantik Sebagai Kepala BKKBN



    CATATAN HABRIAH, JAKARTA -- Setelah delapan bulan vakum, akhirnya Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional memiliki kepala baru. Menteri Kesehatan, Nila Djuwita Farid Moeloek melantik Surya Chandra Surapaty sebagai kepala BKKBN yang baru, disaksikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, di Kantor BKKBN, Jakarta, Selasa (26/5). 



    Hadir pula dalam pelantikan ini, mantan Kepala BKKBN, Sugiri Syarief, Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawangsa, dan Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, dr Subuh, serta petinggi BKKBN lainnya.

    Surya Chandra Surapaty terpilih mengalahkan dua kompetitornya yang lolos seleksi bakal calon, yaitu mantan Kepala BKKBN Fasli Jalal dan Abidin Siregar selaku Deputi Advokasi dan Komunikasi BKKBN. Surya Chandra terpilih menjadi Kepala BKKBN melalui open bidding yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan dengan peserta seleksi 5 orang bakal calon


    Sebelumnya, Surya Chandra merupakan anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan. Sejak tahun 2009, ia bertugas di Komisi IX yang memiliki fokus pada bidang kesehatan, kependudukan, tenaga kerja, dan transmigrasi.

    Dalam karir politiknya, Surya Chandra pernah menjadi pimpinan Panitia Khusus (Pansus) dalam penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), RUU Anti Kekerasan Dalam Rumah Tangga, RUU Praktek Kedokteran, RUU Ketenagakerjaan serta RUU Perlindungan Anak.

    Surya Chandra Surapaty merupakan salah satu pengusul terbentuknya pembentukan RUU Amandemen UU 23/1992 tentang Kesehatan dan RUU Amandemen UU 10/1992 tentang Kependudukan dan Keluarga Sejahtera. Di samping berperan aktif dalam pembentukan sejumlah RUU,  ia juga melakukan beberapa kegiatan politik lain.

    Di antaranya, mempelopori berdirinya Forum Parlemen Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan yang dasar pembentukannya dapat dirujuk dari Keputusan Pimpinan DPR 16/PIMP/I/2001-2002 tanggal 22 Oktober 2001. Ia juga akhirnya menjadi ketua dalam forum bentukannya tersebut.

    Aktifitas forum tersebut lebih pada bidang sosial politik dan melibatkan sejumlah organisasi masyarakat, organisasi profesi, LSM, lembaga internasional dan PBB seperti UNFPA, WHO, UNICEF, USAID, dan AUSAID. 

    Surya Chandra Surapaty juga aktif dalam beberapa organisasi profesi, seperti menjadi pengurus Ikatan Peminat dan Ahli Demografi Indonesia ( IPADI ) pada tahun 1983-2003, anggota dan pengurus Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia ( IAKMI ) pada tahun 1988-1999,dan anggota Majelis Pakar Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia ( PB IDI ) tahun 2003-2006, serta anggota dan pengurus Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan (Koalisi Kependudukan). [sp.beritasatu]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Surya Chandra Surapaty Dilantik Sebagai Kepala BKKBN Rating: 5 Reviewed By: Unknown

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015