728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Sunday, 14 June 2015

    Haryono Suyono Raih Penghargaan Peduli Gizi 2015 dari Pergizi Pangan

    CATATAN HABRIAH, JAKARTA –  Ketua Yayasan Damandiri Prof Dr Haryono Suyono  menerima penghargaan Peduli Gizi 2015 dari Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan)  di Balai Kartini Jalan Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (5/6). Penghargaan itu diberikan atas usaha dan bakti  dalam perbaikan pangan dan kesehatan masyarakat melalui pengembangan 45 ribu Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di pedesaan.  Posdaya memiliki kegiatan penguatan Posyandu, Posbindu, komoditas pangan lokal, kebun bergizi dan tanaman obat di Gedung Kartini, Jakarta baru-baru ini.
    ”Setelah menerima penghargaan ini kita akan bekerjasama dengan Pergizi Pangan Indonesia untuk terjun ke desa, bersama masyarakat desa membuat kebun bergizi, membangun pos kesehatan,mengajak keluarga produktif untuk mengikuti keluarga berencana (KB), membangun jamban keluarga, mengajak keluarga untuk giat berolahraga, dan kegiatan-kegiatan pemberdayaan yang tujuannya meningkatkana kesejahteraan mereka,” papar Haryono.
    Prof Dr Haryono Suyono mengatakan, Pergizi Pangan perlu bertemu langsung keluarga Indonesia di pedesaan, utamanya keluarga pra sejahtera.  Haryono meminta para pakar gizi diminta melakukan pendekatan holistik, spesifik, dan sensitive memberi pendidikan dan pembelajaran. Tujuannya agar para keluarga miskin mampu memproduksi sendiri pangan yang bergizi tinggi, sehingga kesejahteraan mereka meningkat.
    Pergizi Pangan  memberi penghargaan kepada Haryono Suyono karena telah berhasil mendorong jutaan orang yang tergabung dalam 46 ribu Posdaya di seluruh Indonesia, mampu membangun kebun bergizi, dan peningkatan pangan, sehingga masyarakat lebih sejahtera.
    Selain Haryono, Prof Hidayat Syarif Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) juga meraih penghargaan serupa. Penyerahan penghargaan kepada kedua tokoh berjasa ini dilakukan oleh Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Prof Herdiansyah disela-sela International Symposium on Food and Nutrition (ISFAN) 2015.
    Menurut Ketua Panitia ISFAN 2015 Dr Rimbawan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memahami permasalahan pangan dan gizi terkini, menyebarluaskan perkembangan ilmu dan inovasi pangan dan gizi terbaru.
    ”Mempelajari kisah sukses dan tantangan dari program pangan dan gizi serta pendidikan tinggi gizi di berbagai negara Asia. Kemudaian membangun jejaring global dan peluang kerja sama antar akademisi, peneliti, dan praktisi pangan, gizi dan kesehatan,” katanya.
    ISFAN diikuti lebih kurang 1000 peserta, dari mahasiswa IPB, Politeknik Kesehatan (Poltekes) dari Bengkulu, Jambi, Lampung, DKI Jakarta dan dari daerah lain.
    Dalam kesempatan itu, Prof Haryono menuturkan kisah sukses program keluarga berencana. Dia menceritakan tahun 1970 ketika  saat dirinya diberikan tanggung jawab untuk mengenalkan program KB yang intinya setiap orang diminta untuk memiliki dua anak saja laki perempuan sama saja.
    “Saya melihat anak-anak Indonesia, waktu itu,  kekurangan gizi. Lalu dengan usaha keras memeperkenalkan KB,  nutrizi dan pendidikan untuk perubahan sosial. Kami bekerjasama dengan berbagai pihak, perguruan tinggi, tokoh agama dan organisasi keagamaan untuk memperbaiki pengembangan gizi di seluruh desa di Indonesia. Alhamdulillah hasilnya Indonesia menjadi rujukan dalam sukses pengendalian kependudukan,” katanya. (duta)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Haryono Suyono Raih Penghargaan Peduli Gizi 2015 dari Pergizi Pangan Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015