728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Saturday, 13 June 2015

    Ikut KB Juga Tekan Angka Kematian Ibu Melahirkan


    CATATAN HABRIAH -- Program keluarga berencana (KB) yang diikuti pasangan usia subur selain menekan angka pertumbuhan penduduk, juga dapat menekan angka kematian ibu melahirkan, Kamis (11/6).
    Untuk itu Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus mendurung pasangan usia subur (PUS) untuk ikut mensukseskan program KB.
    Gambaran ini disampaikan Asisten Tata Praja, Amir Faisal pada pencanangan Bulan Bhakti TNI Manunggal KBKesehatan Tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2015, dipusatkan di Desa Bantan Air, Kecamatan Bantan, Kamis pagi.
    Menurutnya, secara garis besar kasus kematian ibu melahirkan disebabkan oleh faktor terlalu muda melahirkan, terlalu tua melahirkan, terlalu rapat jarak kalahiran dan terlalu sering melahirkan.
    Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis tahun 2014 jumlah kasus kematian ibu melahirkan mencapai 13 kasus yang disebabkan pendarahan, eklamasi serta sebab lainnya.
    Sedangkan jumlah kematian bayi baru lahir (neonatal)umur 0-28 hari sebanyak 47 kasus. Penyebab utama kematian neonatal karena berat badan lahir rendah, aspeksia, prematur dan sebab lainnya.
    Untuk mengurangi resiko angka kematian ibu, Amir mengimbau kepada ibu-ibu agar merencanakan dan mengatur jarak kelahiran.
    Salah satu solusinya melalui program keluarga berencana, karena dengan ber-KB pasangan usia subur bisa memilih menunda, menjarangkan atau membatasi jumlah kelahiran.
    Disamping itu, program KB memberikan perlindungan kesehatan reproduksi, perlindungan hak ibu dan anak serta menghindari kehamilan yang tidak diinginkan.
    Terkait peran aktif keluarga dari PUS mengikuti program keluarga berencana, Pemkab Bengkalis pada peringatan Hari Keluarga Nasional ke-22 tingkat Provinsi Riau, memberikan penghargaan KB Lestari kepada sembilan pasangan suami isteri.
    Khusus dari Kecamatan Bantan, penghargaan KB Lestari Kategori diatas 20 tahun, juara pertama diraih pasangan Jayan/Sumarti dari Desa Mentayan. Juara ketiga diraih Suyoto/Alfiah dari Desa Pambang Baru.
    Kemudian katergori diatas 10 tahun, pasangan Nurdawani/Nusmiah, Desa Selat Baru meraih gelar juara dua.
    “Saya berharap kedepan, apa yang diperoleh pasangan Jayan/Sumarti, dapat dicontoh oleh pasangan lainnya di Kecamatan Bantan dan Kabupaten Bengkalis untuk mensukseskan program KB," kata Amir Faisal.
    Hadir pada pencanangan Bulan Bhakti TNI Manunggal KB Kesehatan tersebut, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP KB) Bengkalis, Mustafa, Kepala Staf Kodim 0303 Bengkalis, Mayor Inf Irwan, Ketua Panitia Pelaksana, Kapten Inf Imam, Camat Bantan Hendik Dwi Yatmoko, Camat Bengkalis Bengkalis, Jamaludin, sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan jajaran prajurit Kodim 0303 Bengkalis. (metroterkini)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ikut KB Juga Tekan Angka Kematian Ibu Melahirkan Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015