728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Tuesday, 9 June 2015

    KIE GenRe on Stage, Cetak Generasi Berkualitas


    CATATAN HABRIAH, Palembang – Dalam upaya pemerintah mendewasakan usia perkawinan bagi remaja, tidak melakukan seks pranikah, tidak mengkonsumsi narkoba dan mencegah penyebaran HIV Aids, digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Palembang adakan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) KB on Stage. Temanya, “Melalui Program GenRe, Kita Wujudkan Remaja Mandiri, Disiplin, dan Berprestasi Menuju Palembang Emas 2018”. 

    Acara yang berlangsung di gedung Wanita Rajawali, Palembang ini dihadiri ratusan pelajar SMA se-Kota Palembang mengikuti kegiatan KIE KB On Stage. Menurut Kepala BKBPP Palembang, Sadaruddin, S.Sos, M.Si, masa remaja merupakan masa peralihan dari kanak-kanak menuju dewasa. “Dalam masa ini, remaja berada di persimpangan jalan”, ujarnya. 

    Beragam masalah akan dihadapi oleh remaja bila tidak dibekali dengan Informasi yang benar. “Bukan tidak tergelincir pada masalah yang bertentangan dengan norma dan hukum”, imbuhnya. Sebut saja, telibat tawuran, penggunaan narkoba, seks pranikah, hingga perilaku menyimpang lainnya. Berdasarkan data BNN Provinsi Sumatera Selata, per Desember 2014, ada 83.031 pencandu narkotika, di Sumsel, 20 persennya dari kalangan remaja.“Melalui acara ini, kami berharap remaja metropolis dapat menambah wawasan sekaligus solusi dari masalah yang dihadapi,”katanya. 

    Menurutnya, penyuluhan pada remaja perlu dilakukan. Dalam keseharian, remaja lebih percaya kepada teman sebanyanya ketimbang orang tua. Nah, teman sebanyanya itu harus mampu memberikan solusi dan informasi yang benar. Karenanya, BKBPP Palembang membentuk Pusat Informasi dan Konseling Remaja  (PIK-R) di sekolah.

    “Di pusat konseling ini, remaja bisa mendapatkan informasi yang benar tentang kesehatan reproduksi remaja”, tuturnya. Ia menghimbau remaja Palembang dapat mengisi masa mudanya dengan berbagai kegiatan positif seperti olahraga, seni, dan lainnya. 

    “Mereka diharapkan menjadi Generasi Berencana (GenRe) yang dapat merencanakan masa depan sebaik-baiknya,” harap Sadaruddin. Ditambahkan Kabid PKS-PK BKBPP, Hasnil Marzaah, banyak masalah saat remaja yang apabila tidak ditangani dengan baik dapat berakibat fatal. “Bagaimanapun, remaja adalah generasi penerus pembangunan bangsa ini”, tandasnya. 

    Untuk dapat membangun bangsa, diperlukan generasi yang berkualitas. Acara Kie KB On Stage tersebut berlangsung dua hari, dimulai dari 19 – 20 Mei 2015 diikuti 1.000 peserta yang terbagi dalam dua sesi dengan narasumber Kepala Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Prov. Sumsel Drs. Mustofa, M.Kes, dan dr. A. Maskur serta Yeyen Fitriani, S.Psi, M.Pd Konselor Remaja Kota Palembang.(Susanto-BKKBN SUMSEL: dari berbagai sumber)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: KIE GenRe on Stage, Cetak Generasi Berkualitas Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015