728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Tuesday, 9 June 2015

    BKKBN Jateng Gencarkan Program GenRe dengan Duta Mahasiswa dan Lomba Paduan Suara


    CATATAN HABRIAH, Semarang - Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan DPMall Semarang menyelenggarakan Pemilihan Duta Mahasiswa Genre dan Lomba Paduan Suara Pusat Informasi Konseling (PIK) Tingkat Jawa Tengah tahun 2015. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 6 Juni 2015 di DPMall Semarang, Jalan Pemuda nomor 150 Semarang tersebut merupakan puncak acara yang sebelumnya diawali dengan pemilihan di tingkat karesidenan. Masing – masing karesidenan diwakili oleh 1 orang duta mahasiswa putra, 1 orang duta mahasiswa putri dan 1 kelompok paduan suara PIK sekolah.
     
    Pemenang pertama duta mahasiswa Genre yang nantinya akan mewakili Jawa Tengah mengikuti pemilihan serupa di tingkat Nasional adalah Zunta Ovidani dari Universitas Diponegoro Semarang (Karesidenan Semarang) untuk kategori putra dan Retno Ajeng Kartini dari Universitas Muhammadiyah Purworejo (Karesidenan Kedu). Keduanya berhasil memikat juri dengan kemampuan presentasi mengenai Program Genre yang sangat baik. Sedangkan untuk Juara Pertama Lomba Paduan Suara PIK adalah Paduan Suara dari SMA Negeri 3 Klaten sebagai wakil dari Karesidenan Surakarta.
     
    Pemilihan ini melibatkan juri dari beberapa instansi mitra BKKBN Jawa Tengah yakni, Heru Kusdiyanto dari perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Supomo, SE.M.Par dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah dan Sri Mulyani, S.Pd. M.Pd dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.


    Kegiatan ini sengaja diselenggarakan di Mall yang terletak di pusat Kota Semarang dan dilaksanakan pada hari Sabtu siang tujuannya adalah untuk menyasar penonton dari kalangan remaja yang pada hari Sabtu biasanya banyak berkumpul di Mall. Sehingga pesan-pesan Program GenRe yang disampaikan melalui Lomba Duta Mahasiswa dan Paduan Suara ini diterima pula oleh pengunjung mall tersebut.

    Peserta Duta Mahasiswa juga mengikuti tes tertulis seputar pengetahun Program GenRe, Program KKBPK dan mengenai PIK KRR

    Syarat untuk bisa mengikuti Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe tahun 2014 ini adalah mahasiswa yang aktif pada kegiatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa di kampusnya masing-masing. Remaja harus berumur 17 – 24 tahun, dan mahasiswa maksimal semester IV dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang ada di Jawa Tengah.
     
    Mahasiswa yang mengikuti Pemilihan ini harus aktif di PIK Mahasiswa karena setiap peserta yang terpilih nantinya akan mensosialisasikan Program Generasi Berencana (Genre) dan mengajak teman-teman sebayanya sesama remaja untuk menghindari penyalahgunaan narkoba, HIV AIDS, dan Seks bebas (Triad KRR). Oleh karena itu, mereka harus menguasai berbagai aspek mengenai : Kesehatan reproduksi remaja, pengetahuan  kependudukan, psikologi remaja, pengetahuan agama dan kehidupan remaja, sosial pergaulan remaja, pendewasaan Usia Pernikahan (PUP), pengetahuan mengenai bahaya narkoba, dan wawasan mengenai Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja).

    Tujuan adanya Pemilihan Duta Mahasiswa dan Lomba Paduan Suara GenRe ini adalah untuk lebih mempromosikan Program Generasi Berencana dan untuk mengembangkan PIK Mahasiswa di kampus-kampus di Jawa Tengah. Remaja cenderung lebih suka dipersuasi oleh teman-teman sebayanya. Sehingga diperlukan figur motivator dari kalangan mahasiswa.  Remaja diyakini lebih bisa menerima saran dari teman-teman sebayanya, ketimbang mendengar nasihat orang tua yang bagi mereka terkesan menggurui

    Zunta dan Ajeng akan mewakili Jawa Tengah pada Pemilihan Duta Mahasiswa Tingkat Nasional. Sementara untuk tahun ini, lomba paduan suara GenRe belum diadakan di tingkat Nasional. (Nitya-Diana)

    (BKKBN-JATENG)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BKKBN Jateng Gencarkan Program GenRe dengan Duta Mahasiswa dan Lomba Paduan Suara Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015