728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Friday, 19 June 2015

    Revitalisasi Keluarga Berencana di Samosir


    CATATAN HABRIAH, Samosir -- Pencanangan Revitalisasi Program Keluarga Berencana Kesehatan melalui Bhakti sosial TNI – KB – Kesehatan wilayah Kodim 0210/TU dilaksana­kan di halaman Dinas Kesehatan Ka­bu­paten Samosir, Selasa (16/­6)­.


    Dalam sambutannya, Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon mengatakan, momentum ini sangat strategis sebagai ba­gian dari upaya percepatan pelak­sanaan Revitalisasi Program KB dalam upaya pengendalian jum­lah penduduk untuk me­wujud­kan Keluarga Kecil, Sehat, Bahagia dan Sejahtera serta mewujudkan keseimbangan penduduk dengan daya dukung alam dan lingkungannya.

    Mangindar menyebutkan, jumlah penduduk Kabupaten Samosir pada 2014 berjumlah 145.533 jiwa dengan 33.159 kepala keluarga dan total angka kelahiran secara kasar 3,8 per wanita usia subur. Angka ini cukup tinggi bila dibandingkan dengan angka Sumatera Utara sebesar 3,1 per wanita Subur.

    Kondisi saat ini selain dapat dijadikan sebagai “Modal Pem­bangunan”, dapat berpotensi menimbulkan kerawanan, karena jumlah tersebut kita harus baca sebagai representasi dan deretan angka kebutuhan yang harus dipenuhi agar masyarakat tetap hidup dan layak.

    Ia mengatakan, Undang un­dang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Ke­pen­dudukan dan Pembangunan Keluarga menyatakan bahwa Kependudukan adalah hal yang berkaitan dengan jumlah, struk­tur, pertumbuhan, penyebaran, mo­bilitas, persebaran, kualitas dan kondisi kesejahteraan yang menyangkut politik, ekonomi, sosial budaya, agama serta lingkungan sekitar.

    Sementara, salah satu peser­ta akseptor KB MOW, ibu Sinaga mengatakan puas dengan cara kerja dokter dan TNI, karena me­reka menangani secara su­karela dan biayanya gratis. Kegiatan ini terlaksana atas kerj­asama BKKBN Provinsi Su­mut dan Komando Distrik Militer 0210/ Taput, Dinas Kesehatan serta dukungan berbagai pihak. Kegiatan ini juga ditampung di APBD Samosir.

    Sementara peserta yang me­ngikuti KB MOW (Medis Ope­rasi Wanita) sebanyak 92 orang dan KB MOP (Medis Operasi Pria) 15 orang. KB MOW ditangani Dr Jenius Lumban Tobing dari Tim PKMI (Perkumpulan Kontrasepsi Mantap Indonesia) Medan, be­gitu pula KB MOP ditangani Dr Harry Nainggolan dari RSUD Pangururan.


    Rangkaian acara Pencana­ngan Revitalisasi Progran KB ini dihadiri Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata, Ketua DPRD Tobasa, Ketua DPRD Taput, Ketua DPRD Humbang Hasundutan, Kasdim letkol Inv.Kaminton Napitupulu, perwakilan Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Wakapolres Humbang Hasundutan, Kepala BKKBN Kabupaten Samosir dr Friska Situmorang, Asisten II Penas Sitanggang Asisten III Karel Sihotang, Kadis Kesehatan Jon­ni Sigalingging SKM, Kadis Ke­hutanan Ir YC Hutauruk, Direktur Rumah Sakit Hadrianus Sinaga dr Nimpan Karo-karo dan Ketua PKK ibu Artha Sitinjak dan anggota PKK Samosir para pegawai KB dan jajaran Dinas Kesehatan Samosir. (Jurnal Asia)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Revitalisasi Keluarga Berencana di Samosir Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015