728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Tuesday, 21 April 2015

    Kosmetik Pemicu Menopause Dini


    Pemicu Menopause Dini yang paling utama memang adalah faktor biologi, selain itu ternyata faktor lingkungan juga berpengaruh terhadap kondisi tersebut. Adanya paparan bahan kimia dan polutan tertentu yang terlalu tinggi, ternyata dapat menyebabkan wanita mencapai menopause lebih cepat.

    Menopause pada wanita seperti pubertas, yang merupakan salah satu fase reproduksi manusia, dimana menjadi berakhirnya kesuburan wanita. Sebuah penelitian yang dilakan oleh Dr Amber Cooper dari departemen obstetri dan ginekologi Washington University di St Louis, menemukan bahwa paparan zat kimia yang berasal dari produk kosmetik, akan membuat wanita mengalami menopause 4 tahun lebih cepat.

    Dr Amber Cooper menemukan bahwa wanita yang sering kontak langsung dengan bahan kimia (dioksin yang terkandung dalam pestisida, phthalates yang ditemukan dalam parfum, plastik, kosmetik dan hair spray, zat dari tumbuhan yang memiliki struktur kimia mirip estrogen, dan polychlorinated biphenyls), rata-rata mengalami menopause dari 1,9 tahun menjadi 3,8 tahun lebih cepat dibandingkan dengan wanita yang memiliki kontak dengan bahan kimia tersebut lebih rendah.

    Para peneliti juga menemukan bahwa bahan kimia merupakan salah satu penyebab masalah pada fungsi ovarium wanita. Hasil penemuan ini tentu harus mendapatkan perhatian dan diwaspadai, karena menyangkut dengan kesehatan reproduksi wanita. Penelitian menemukan pada wanita berusia di atas 30 tahun, yang telah terkontaminasi zat kimia tinggi, akan mengalami 6 kali lebih mungkin mengalami menopause dini.

    Hubungan antara bahan kimia tertentu terhadap gangguan hormon reproduksi wanita, termasuk estrogen, telah lama diketahui, dan ternyata zat kimia tersebut juga memiliki dampak buruk terhadap kondisi jantung dan tulang.

    Bagi bunda yang memang tidak bisa lepas dengan kosmetik, sebaiknya menurunkan resiko paparan bahan kimia dengan menggunakan produk kosmetik yang tidak mengandung pengharum sintetis yang mengandung phthalates. Bunda sebaiknya juga memilih produk kecantikan organik, yang tidak mengandung residu pestisida dan sejumlah bahan kimia berbahaya lainnya

    Ringkasan:

    • Menopause Dini adalah berakhirnya kesuburan wanita pada usia yang lebih cepat disbanding kondisi umumnya,
    • Wanita Monopause ditandai dengan tidak didapatkan lagi siklus menstruasi,
    • Menopause Dini bisa disebabkan karena paparan bahan kimia yang ditemukan pada alat-alat kosmetik yang sering digunakan para wanita.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kosmetik Pemicu Menopause Dini Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015