728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Wednesday, 27 May 2015

    Andrinof Akan Buka Munas Koalisi Kependudukan di Padang


    CATATAN HABRIAH, Jakarta - Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan (Koalisi Kependudukan) akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional III pada 27-31 Mei 2015. Rencananya, Munas yang akan dilangsungkan di Padang, Sumatera Barat, itu, akan dibuka oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.


    Koalisi Kependudukan adalah lembaga yang dibentuk sebagai wahana untuk menampung aspirasi berbagai pihak yang peduli terhadap masalah kependudukan dan pembangunan di Indonesia. Lembaga ini didirikan secara bersama-sama oleh Lembaga Demografi Universitas Indonesia, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dan United Nations Population Fund (UNPF), pada 2003.



    Menurut Ketua Umum Koalisi Kependudukan 2010-2015, Sonny Harry B Harmadi, Munas III ini mengusung tema "Penduduk dan Pembangunan Berkelanjutan: Menyongsong MEA dan SDGs dalam Rangka Mewujudkan Keluarga Indonesia Sejahtera". Tema ini didasarkan pada kenyataan bahwa target komitmen Millenium Development Goals (MDGs) yang berakhir tahun 2015 ini belum seluruhnya tercapai.



    Para pemimpin dunia telah menyepakati untuk membuat komitmen baru, yaitu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals atau SDGs. Komitmen itu sekaligus menjadi agenda ambisius untuk meningkatkan kehidupan manusia dan melindungi bumi bagi generasi masa depan. Namun, di saat bersamaan, Indonesia memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan menjadi bagian dari kesepakatan SDGs.



    "Padahal masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan oleh Pemerintah seperti tingginya angka kematian ibu, stagnannya angka kematian bayi, lambatnya penurunan laju pertumbuhan penduduk, rendahnya kualitas pendidikan tenaga kerja, dan masalah gizi balita," kata Sonny kepada detikcom, Rabu (27/5/2015).



    Sonny menjelaskan, Menteri Andrinof akan membuka Munas Koalisi Kependudukan itu pada Sabtu 30 Mei 2015. Di hari itu juga akan dilangsungkan seminar tentang penduduk dan pembangunan dengan menampilkan Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, Kepala BPJS Kesehatan dr Fahmi Idris, dan Anggota Majelis Kependudukan Mooryati Soedibyo sebagai narasumber.



    Sedangkan kegiatan pra-Munas sendiri sudah dimulai sejak hari ini, yaitu dengan serangkaian dialog di Universitas Negeri Padang dan Universitas Andalas. Munas Koalisi Kependudukan akan ditutup dengan pemilihan ketua umum Koalisi Kependudukan untuk periode 2015-2020.



    "Munas akan membahas rekomendasi solusi atas masalah kependudukan di Indonesia. Selain itu, kegiatan munas juga menjadi wadah pemilihan ketua umum baru," kata Sonny yang juga menjabat Staf Khusus Menteri PPN/Kepala Bappenas itu. (detik)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Andrinof Akan Buka Munas Koalisi Kependudukan di Padang Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015