728x90 AdSpace

  • Info Terbaru

    Wednesday, 10 June 2015

    Gubernur Heryawan Lepas Roadshow KIE Jabar Ngahiji


    CATATAN HABRIAH, BANDUNG -- Roadshow KIE (komunikasi, informasi, dan edukasi) Jabar Ngahiji resmi dilepas Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat pagi 5 Juni 2015. Turut mendampingi Gubernur Heryawan antara lain Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat Sugilar, Inspektur Ketenagaan dan Administrasi Umum BKKBN Aidin Tentramin, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Jawa Barat Nenny Kencanawati, para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan sejumlah pihak terkait.

    Saat melaporkan kepada Gubernur, Sugilar menjelaskan, roadshow dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXII melibatkan tidak kurang dari 30 mobil unit penerangan (Mupen) keluarga berencana (KB) dari kabupaten dan kota se-Jawa Barat serta armada mupen milik Perwakilan BKKBN Jawa Barat. Selain itu, acara tahunan ini juga diikuti sejumlah perwakilan SKPD di Jawa Barat. Ikut bersamaroadshow mupen antara lain tim BP3AKB Jawa Barat, Dinas Pendidikan Jawa Barat, tim penyuluhan keliling Dinas Sosial Jawa Barat, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Barat, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jawa Barat, dan lain-lain.
    “Selain diikuti 31 mupen, baik milik BKKBN Jabar maupun SKPD KB kabupaten dan kota, roadshow juga diikuti delapan perwakilan SKPD Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Rombongan akan melintas sejumlah kabupaten dan kota, dengan tujuan akhir di lapangan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor. Tim akan menginap semalam di Kabupaten Sukabumi dan malam berikutnya bergabung dengan tim Harganas di Bogor sampai puncak peringatan Harganas pada Senin nanti, 8 Juni 2015,” terang Sugilar.
    Lebih jauh Sugilar menjelaskan, roadshow KIE dihelat dalam rangka peringatan Harganas XXII tingkat Provinsi Jawa Barat. Pola ini dipilih untuk mempromosikan dan menyosilisasikan program pembangunan di Jawa Barat, khususnya terkait pembangunan KKBPK. Selain itu, roadshow juga merupakan aktivitas KIEbelow the line yang menyentuh langsung lini lapangan maupun masyarakat.

    Dari Gedung Sate, tim roadshow menuju Desa Mandalawangi, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Tim tiba di lapangan Mandalawangi menjelang tengah hari, dan disambut Kepala BP3AKB KBB Asep Ilyas denganmarching band. Dalam sambutannya, Asep berharap roadshow mampu mengingatkan kembali tentang gerakan KB  di masyarakat yang sempat berjaya selama beberapa dekade ke belakang.
    “KB dulu pada masa Orde Baru betul-betulnanjeur, betul-betul eksis. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini masyarakat KBB ingat kembali dengan program KB atau gerakan KB. Kita berharap program KB di KBB akan meningkat, terutama menyangkut pembangunan keluarga,” kata Asep.
    Selanjutnya, tim roadshow dilepas untuk melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Cianjur. Iring-iringan mupen menyusuri jalan utama Bandung-Cianjur yang pada mulanya dikenal sebagai salah satu ruas Jalan Raya Pos (De Grote Postweg) yang menghubungkan Anyer di ujung barat Pulau Jawa dan Panarukan di ujung timur Pulau Jawa. Rombongan langsung menuju lapangan parkir pusat perbelanjaan modernHypermart di pusat kota Cianjur. Di sini tim disambut Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Cianjur Esih Sukaesih.
    Selain mempraktikkan teknik KIE, Esih tampak larut berjoget berbaur bersama kru mupen maupun masyarakat  yang berkumpul di jantung kota Kota Tauco tersebut. Meski berirama dangdut, lirik yang dibawakan sesunguhnya sarat pesan keluarga. Maklum, lagu tersebut merupakan lagu khusus yang diciptakan Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat bertajuk Keluarga Bahagia.
    Sore harinya, tim roadshow bergerak menuju Lapangan Siliwangi di Jalan Cibadak, Kabupaten Sukabumi untuk kemudian menginap di sana. Rencananya, kegiatan akan dilanjutkan keesokan harinya dengan mengusung tema pembangunan ketahanan keluarga.
    Harganas Momentum Bangun Keluarga Sejahtera
    Sementara itu, dalam sambutannya saat melepas tim roadshow, Heryawan berpesan agar peringatan Harganas dijadikan momentum untuk membangun keluarga ideal, yaitu keluarga yang harmonis, damai, mengasihi anak dan pasangannya, termasuk menghindari timbulnya kekerasan dalam rumah tangga. “Oleh karenanya, mari kita lakukan secara terus-menerus penyadaran baik pada diri kita maupun keluarga mengenai arti pentingnya ketahanan keluarga dalam menghadapi berbagai rintangan,” ujarnya.
    Ia menambahkan, Harganas tidak dipandang sebagai agenda tahunan. Namun, dapat dijadikan wahana untuk lebih memotivasi seluruh pemangku kepentingan terkait agar terus berupaya bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Aher, sapaan Gubernur Heryawan, berharap kegiatan roadshowini peserta dapat mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bagaimana membangun keluarga yang di cita-citakan oleh bangsa dan negara.(duaanak)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gubernur Heryawan Lepas Roadshow KIE Jabar Ngahiji Rating: 5 Reviewed By: Catatan Habriah

    Galeri Aktivitas Saya 2013 - 2015